Mengimpor Data dari CSV, Excel, dan SPSS ke RStudio

Salah satu kelebihan R adalah kita dapat menggunakan data dari berbagai macam sumber, seperti SPSS, Excel, CSV, SAS, atau STATA. Tulisan ini akan membahas cara mengimpor data dari CSV, Excel, dan SPSS.

CARA PERTAMA

Memilih File
Setelah kita mengeset working directory kita, kita dapat memilih file yang akan kita impor dengan cara mengetik script di console file.choose(), lalu tekan enter. Kita akan diarahkan ke folder yang telah kita set sebagai working directory kita sebelumnya. Kemudian pilih file yang akan kita impor, lalu klik open. Misalkan pada latihan ini saya akan mengimpor file “perilaku merokok.csv”, maka saya pilih file tersebut lalu saya klik open. Data ini yang akan kita gunakan di analisis selanjutnya. Data dapat didownload di sini

Mengimpor Data dari file CSV
Setelah kita memilih file yang akan kita impor, langkah selanjutnya adalah memerintahkan R agar membaca file kita tersebut dan menampilkannya sebagai data di Environment kita. Caranya adalah ketik script nama data kita<-read.csv(file="nama file.csv", header=TRUE, sep=";"). Jadi jika kita ingin mengimpor file “perilaku merokok.csv” dan menampilkannya sebagai data dengan nama “perilakucsv”, maka kita ketik scripnya perilakucsv<-read.csv(file="perilaku merokok.csv", header=TRUE, sep=";"). Untuk header silakan diubah menjadi FALSE jika memang data kita tidak memiliki header, dan sep silakan diubah menjadi “,” jika pemisah data kita adalah koma. Setelah mengetik script tersebut silakan tekan enter dan akan muncul data baru di enviromnet kita.

Untuk meilhat data yang barusan kita impor dapat diketikan scrip View(perilakucsv) atau bisa juga dengan mengkik data yang ada di enviromnet di kotak kanan atas.

Mengimpor Data dari File Excel

Untuk dapat mengimpor file dari excel, kita harus mengaktifkan library (readxl) terlebih dahulu. Caranya dengan menulis script berikut library(readxl). Jika library belum bisa diaktifkan, kemungkinan besar kita belum menginstall packages libraru tersebut. Untuk dapat mengintal packages readxl tuliskan script install.packages(“readxl”). Baru setelah itu kita aktifkan library(readxl).
Untuk mengimpor file dari laptop kita ke R ketik script nama data baru<-read_excel(“nama file”). Jadi sebagai contoh jika kita ingin mengimpor file “perilaku merokok excel.slsx” dan ingin membuat data “perilakuxl” maka kita buat script perilakuxl<-read_excel(“perilaku merokok excel.xlsx”). untuk melihat data kita, tuliskan View(perilakuxl).

Mengimpor Data dari File SPSS
Untuk dapat mengimpor file dari SPSS, kita harus mengaktifkan library (foreign) terlebih dahulu. Caranya dengan menulis script berikut library(foreign). Jika library belum bisa diaktifkan, kemungkinan besar kita belum menginstall packages libraru tersebut. Untuk dapat mengintal packages foreign tuliskan script install.packages(“foreign”). Baru setelah itu kita aktifkan library(foreign).
Untuk mengimpor file dari laptop kita ke R ketik script nama data baru<-read.excel(“nama file”, to.data.frame=TRUE). Jadi sebagai contoh jika kita ingin mengimpor file “perilaku merokok spss.slsx” dan ingin membuat data “perilakuspss” maka kita buat script perilakuspss<-read.spss(“perilaku merokok spss.sav”, to.data.frame=TRUE). untuk melihat data kita, tuliskan View(perilakuspss).

CARA KEDUA
Cara kedua untuk impor dataset ke R adalah dengan menu yang sudah tersedia di R Studio. Menu itu bisa dipilih di kotak kanan atas, klik import dataset, kemudian pilih file apa yang hendak kita masukan. Jika sudah, silakan browse dan pilih di folder mana kita meletakkan file tersebut. Untuk dapat mengimpor dengan menu ini juga diperlukan packages, namun jika kita belum memiliki maka R Stusio akan secara otomatis mendownload di CRAN dan mengintallnya. Pastikan laptop kita terkoneksi dengan internet. Khusus untuk file CSV, kita harus memperhatikan format data kita, apakah pemisahnya menggunakan koma atau titik koma (semicolon). Jika menggunakan titik koma, maka pada tab delimiter, silakan ganti dengan semicolon. Cara kedua ini lebih mudah dan lebih praktis digunakan untuk yang belum terbiasa menuliskan script.



Pensiunan guru SD yang sudah promosi menjadi dosen Psikologi di Universitas Muhammadiyah Malang

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Artikel Lainnya