Berkenalan dengan R Statistics: Software Olah Data Gratis

Secara umum ada dua maca software analisis data, yakni software komersil dan software open source atau freeware. Software komersil itu diantaranya adalah SPSS, AMOS, LISREL, WINSTEP. Software analisis data yang komersil memerlukan lisensi dengan harga yang relatif mahal untuk sebagian besar pengguna di Indonesia. Dengan demikian, salah satu alternatif penyelesaian dari mahalnya lisensi tersebut adalah melalui penggunaan freeware statistik, khususnya R. 

R merupakan software yang digunakan untuk melakukan olah data yang merupakan hasil gotong royong ilmuwan di bidang olah data. Kenapa gotong royong? Karena pengembangan software ini sendiri dilakukan oleh semua orang yang ingin membagikan ilmunya secara gratis. Para ahli dari seluruh dunia bergotong-royong mengembangkat packages yang sangat bervariasi fungsinya, mulai dari analisis statsitika dasar, tampilan grafik dan diagram, hingga analisis item dan tes yang sering digunakan dalam bidang psikometrika. Meskipun gratis, tapi kemampuan yang dimiliki oleh R tidak bisa dianggap remeh. Justru R menyajikan alat analisis yang jaug lebih komprehensif dibandingkan software berbayar seperti SPSS, AMOS, LISREL, WINSTEP, dll. R memiliki kemampuan menganalisis data dengan sangat efektif dan dilengkapi dengan operator pengolahan array dan matriks. Hebatnya lagi R memiliki kemampuan penampilan grafik yang sangat baik. Meskipun demikian, software ini masih kalah populer di Indonesia karena memang bahasa yang digunakan cukup sulit bagi orang yang tidak terbiasa dengan penggunaan syntax. Meskipun demikian, seiring meningkatkan kesadaran untuk menggunakan software orisinil dan powerful, prospek penggunaan R Statistics yang merupakan software open source di masa depan ini dirasa sangat baik, apalagi jika melihat perkembangannya yang begitu pesat.

Kelebihan R
  • Gratis. Pengguna dapat mengunduh secara gratis di web pengembang, serta mendowloat paket-paket yang dibutuhkan sesuai jenis analisis dengan gratis
  • Dapat digunakan di berbagai sistem operasi baik itu di Windows, Mac, ataupun Linux
  • Alat analisis sangat lengkap dan masih terus berkembang
  • Kualitas grafik yang sangat baik dan bervariasi baik 2 dimensi maupun 3 dimensi
  • Banyak komunitas R di dunia yang menyediakan informasi terupdate seputar penggunaan R dan analisis data. Jadi jika kita memiliki kesulitan terkait penggunaan R atau analisis data, kita tinggal googling saja dan akan banyak forum yang menyediakan jawabannya.


Kelemahan R
  • Bahasa pemrograman kurang familiar bagi orang awam. Satu kesalahan sedikit saja (misal salah satu huruf) membuat analisis tidak bisa dijalankan. Bagi yang sudah terbiasa dengan SPSS atau AMOS yang banyak menggunakan “klik” mouse, bahasa R mungkin agak sedikit sulit dipahami karena lebih banyak menggunakan syntax, meskipun beberapa pengembangan sudah banyak yang menciptakan mirip seperti SPSS.
  • Memakan banyak memory di komputer sehingga membuat lambat komputer
  • Beberapa packages memiliki kualitas kurang memuaskan


Menginstal R
Untuk dapat menginstal R, kita dapat mendownloadnya terlebih dahulu di https://cran.r-project.org/ . Segala informasi terkait dengan R juga ada di website tersebut, baik itu buku manual, jurnal, packages, maupun pertanyaan-pertanyaan seputar R. Silakan download sesuai dengan sistem operasi yang laptop anda gunakan. Setelah R sudah terdownload, silakan instal pada laptop anda, tinggal ikuti saja petunjuk pengintalan yang ada, sama seperti kita menginstal software biasa. Jika instal sudah selesai anda sudah bisa menggunakan R.

Untuk lebih memudahkan tampilan R, sudah dikembangkan R Studio. Prinsip kerjanya sama dan tampilan GUI lebih menarik. R Studio akan memberikan kemudahan bagi pemakai R sehingga mereka dapat menjalankan program R dengan lebih menyenangkan karena R Studio memberikan informasi instruksi-instruksi apa saja yang harus dilakukan. R Studio juga merupakan program open source, kita dapat mendowloadnya di https://www.rstudio.com/, kemudian pilih download R Studio. Untuk mengintsal kita tinggal mengikuti pentunjuk saja, sama seperti mengintal software pada umumnya. Sebelum mengintal R Studio, pastikan R sudah terinstal di laptop kita. Jadi jika diibaratkan R adalah mesinnya, otaknya, maka R Studio adalah casing atau tubuh yang memudahkan kita dalam menjalankan mesin tersebut. Di web tersebut juga terdapat beberapa penjelasan dan download packages yang memiliki grafik yang menarik.








Pensiunan guru SD yang sudah promosi menjadi dosen Psikologi di Universitas Muhammadiyah Malang

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
September 14, 2019 at 4:55 AM delete

The control, stockpiling, and correspondence of advanced data require capable utilization of calculations. Software engineering encourages the use of these calculations. ExcelR Data Science Courses

Reply
avatar

Artikel Lainnya