Analisis Item Menggunakan Program Quest

Quest merupakan salah satu software yang dapat digunakan untuk mengalisis item ataupun tes. Elemen sentral program Quest adalah Rasch Model satu parameter (1-PL). Tujuan utama program Quest adalah parameter peserta (kemampuan peserta = θ) dan parameter item (utamanya adalah tingkat kesulitan item b). Meskipun demikian, Quest memiliki keistimewaan karena dapat mengeluarka output berupa analsis teori klasik sekaligus dengan memasukan perintah “itanal” pada syntax. File output dari analisis teori klasik ini memberikan informasi tentang statsitik item dan perangkat tes. Statistik item yang dimaksud adalah tingkat kesulitan item, daya diskriminasi, dan efektivitas distraktor. Program ini dapat menganalisis data respons yang diskor secara dikotomi (1-0) maupun politomi (1-2-3-dst). Program Quest juga mampu melakukan estimasi parameter untuk item maupun untuk person (subjek) dengan menggunakan unconditional (UCON) atau joint maximum likelihood (Adan & Khoo, 1996).

Menyiapkan Data File Analisis Quest
Untuk membuat data file, kita perlu memiliki data identitas responden dan jawaban responden. Data file program quest dapat dibuat di notepad dengan format file adalah .txt. Namun untuk memudahkan dalam menginput kita bisa melakukannya di excel terlebih dahulu baru kemudian kita copy ke notepad. Format dalam membuat data file adalah sebagai berikut. Data file tersebut dapat disownload disini untuk latihan



Keterangan dari gambar tersebut adalah sebagai berikut.
Kolom 1-5 merupakan identitas subjek. Kolom 1-3 adalah nomer absen, kolom 4 adalah jenis kelamin (Laki-laki/perempuan), kolom 5 adalah asal daerah (desa/kota). Sedangkan kolom 6-45 merupakan data jawaban subjek.
Jika kita sudah selesai menginput data, kita simpan file kita dalam format .txt. Ingat, untuk menyimpan file harus satu folder dengan program Quest kita. Kita simpan file tersebut dengan nama TPA-QUEST.txt.

Membuat File Control Quest
File control ini adalah syntax yang kita qunakan untuk memerintahkan program Quest untuk melakukan analisis. File control dibuat dengan format seperti gambar di bawah.

Keterangan:
Title TPA menunjukkan nama identitas file kita
Data_file TPA-QUEST.txt menunjukkan nama data file yang sudah kita buat tadi.
Codes ABCD menunjukkan code data jawaban kita yang ditulis dalam bentuk A, B, C, D.
format id 1-5 items 6-45, format id menunjukkan kolom identitas subjek, sedangkan items 6-45 menunjukkan kolom item berada di kolom 6-45. Data ini kita sesuaikan dengan data file yang sudah kita buat di awal.
key CCBABCCBBACCBBABACBAAACDBBCDCBDABDDBBADB menunjukkan kunci jawaban kita
set width=107 ! page menunjukkan lebar halaman kertas
estimate menunjukkan diestimasi otomatis menurut program Quest
show >> TPAsh.out menunjukkan nama file output hasil analisis secara simultan
show items >> TPAit.out menunjukkan nama file output hasil analisis tentang item (tingkat kesulitan, nilai INFIT MNSQ, INFIT t)
show cases >> TPAca.out menunjukkan nama file output hasil analisis tentang subjek (skor mentah, skor logit, nilai INFIT MNSQ, INFIT t)
itanal >> TPAtn.out menunjukkan nama file output hasil analisis tentang item lengkap baik secara pendekatan teori klasik maupun teori respon butir.
quit menunjukkan kode perintah diakhiri

Jika sudah selesai membuat file control tersebut, kita simpan di folder yang sama dengan program Quest dan data file kita dengan nama TPA-QUEST-CTRL.txt.

Menjalankan Program Quest
Program quest merupakan program berbasis DOS. Untuk menjalankannya silakan doble klik pada program, kemudian akan muncul tampilan seperti ini.


Untuk memerintahkan Quest untuk mulai menganalisis, ketik submit (spasi) nama file control kita. Dalam contoh ini kita ketik submit TPA-QUEST-CTRL.txt. Setelah itu Quest akan mulai menganalisis data kita. Jika sudah tidak ada lagi aktivitas di program Quest artinya data kita sudah selesai dianalisis dan dapat dilihat hasilnya di folder dimana kita menyimpan program Quest, data file, dan file control tadi. File output kita merupakan file yang memiliki format .out.

Demikian cara menganalisis item menggunakan pogram Quest. Untuk melihat informasi apa saja yang didapat dari file output yang ada dan bagaimana cara membacanya akan dijelaskan dalam tulisan berikutnya.

Untuk mendapatkan file dalam format PDF dapat mendownload di sini



Referensi

Adam, R.J. & Khoo S.T. (1996). Acer Quest: The Interactive Test Analysis System. Victoria: The Australia Council for Educational Research, 2010, Hlm 1-24

Pensiunan guru SD yang sudah promosi menjadi dosen Psikologi di Universitas Muhammadiyah Malang

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
February 25, 2018 at 2:17 PM delete

Download program quest linknya di mana ya? Susah sekali menemukannya. Apakah program QUEST bisa dipakai menganalisis butir soal essay? Terimakasih.

Reply
avatar
March 1, 2018 at 10:31 PM delete

Silakan dapat download di link berikut https://drive.google.com/file/d/0B9L-7_ZFui2RR2lsYnhzZVg3LVU/view?usp=sharing

Reply
avatar
April 17, 2019 at 8:29 PM delete

selamat pagi.
saya rina mau menanyakan untuk menghilangkan adanya zero cros bagaimana ya? karna dalam penelitian saya muncul zero cros

Reply
avatar
June 18, 2019 at 12:04 AM delete

Terima kasih mas sudah membagikan aplikasi Quest nya

Reply
avatar

Artikel Lainnya