Skoring Item Unfavorable di Excel

Item unfoavorable merupakan item yang pernyataannya tidak mendukung variabel yang diukur. Misalkan, dalam skala kepercayaan diri, item yang berbunyi “saya tidak takut tampil di depan umum”, merupakan item favorable, karena pernyataan tersebut mendukung kepercayaan diri. Sedangkan item yang berbunyi “saya malu tampil di depan umum” merupakan item unvaforable, karena pernyataan tersebut tidak mendukung kepercayaan diri. Jadi penjelasan item unfavorable sebagai item negatif agaknya cukup ambigu. Jika dikatakan negatif terhadap variabel yang diukur, benar memang demikian. Namun jika dikatakan item unfavorable memiliki kalimat negatif atau bernada negatif, tentu penjelasan ini kurang tepat. Pada kenyataannya, pada skala depresi item yang bernada negatif justru merupakan item favorable yang mengukur depresi.

Pada skala likert yang memiliki lima pilihan jawaban, cara skoring untuk item favorable dan unfavorable berbeda. Pada skala sikap misalnya, jika skor 1 menunjukkan sangat tidak setuju dan skor 5 menunjukkan sangat setuju pada item favorable, maka pada item unfavorable sebaliknya. Cara skoring kedua bentuk item tersebut dapat dilihat di tabel.
Respon
Skor item favorable
Skor item unfavorable
Sangat tidak setuju
1
5
Tidak setuju
2
4
Netral
3
3
Setuju
4
2
Sangat setuju
5
1

Saat memasukkan data ke Miscrosoft Excel terkadang hal ini cukup menjengkelkan, karena kalau kita lupa membalik skoring kita, maka daya diskriminasi dan reliabilitas skala kita akan menjadi kurang memuaskan. Beberapa program analsis statistik sudah memfasilitasi skoring item semacam ini, seperti JASP. Namun bagi yang masih menggunakan SPSS, memakan waktu dan tenaga jika menggunakan menu di SPSS untuk membalik skor unfavorable tersebut. Oleh karenanya mending dibalik terlebih dahulu di excel. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk membalik skoring pada item unfavorable tersebut.

Cara 1: Menggunakan Find and Replace
Cara ini merupakan cara yang paling umum digunakan, dan cukup simpel untuk dilakukan.ada beberapa langkap yang perlu dilakukan.
1.    Blok kolom yang berisi item unvaforable
2.    Tekan ctrl+h untu masuk ke menu find and replace
3.    Pada kolom find what, ketik 1. Pada kolom replace with, ketik lima, kemudian pilih replace all. Ini akan mengubah angka 1 menjadi “lima”. Kita tidak bisa langsung mengubah angka 1 menjadi 5 karena jika melakukannya demikian, nanti ketika kita mengubah angka 5 menjadi 1 maka semua akan ikut berubah.
4.    Pada kolom find what, ketik 2. Pada kolom replace with, ketik empat, kemudian pilih replace all.
5.    Pada kolom find what, ketik 4. Pada kolom replace with, ketik 2, kemudian pilih replace all.
6.    Pada kolom find what, ketik 5. Pada kolom replace with, ketik 1, kemudian pilih replace all.
7.    Pada kolom find what, ketik lima. Pada kolom replace with, ketik 5, kemudian pilih replace all.
8.    Pada kolom find what, ketik empat. Pada kolom replace with, ketik 4, kemudian pilih replace all.

Cara pertama ini merupakan cara bodoh namun cukup efektif dan mudah dilakukan. Namun demikian, cara pertama ini cukup menyebalkan jika kita tidak hanya sekali menginput data. Biasanya kita menginput data kemudian kita analisis terlebih dahulu, lalu kita tambah inputan data kita, sehingga membingungkan mana data yang sudah kita balik dan mana yang belum.

Cara 2: Menggunakan fungsi IF
Cara kedua ini kita memanfaatkan fungsi IF dalam Excel. Cara ini sedikit lebih rumit bagi yang belum terbiasa, namun lebih enak nantinya jika rumus sudah jadi. Untuk melakukan nya perhatikan gambar di bawah.


Pada gambar di atas, kolom C – L merupakan skor asli yang kita dapatkan dari skala. Di atas nomer item kita tuliskan keterangan “F” untuk item favorable dan “U” untuk item unfavorable. Kolom M – V merupakan skor yang sudah dibalik. Di kolom X dan Y kita membuat kunci untuk transformasi skor unfavorable kita. Untuk contoh kasus di atas, kita masukan fungsi IF sebagai berikut.

=IF(C$4="U";INDEX($X$4:$Y$8;MATCH(C6;$X$4:$X$8;0);2);C6)

Mari kita baca bahasa planet tersebut ke bahasa manusia. Jika, C4 sama dengan “U”, maka cari di cell X4 sampai Y8 pada kolom yang kedua dengan nilai patokan pada cell C6. Namun jika C4 bukan “U” maka nilainya sama dengan C6. Dengan kata lain kita meminta excel untuk mengindentifikasi, jika kode pada baris favorable/unfavorable adalah “U”, maka skornya dibalik, namun jika “F” skornya tetap.

Tanda dollar didepan angka dan huruf cell merupakan perintah agar jika kita copy fungsi ke samping atau ke bawah, nilai tersebut tidak berubah. Sebagai contoh, C$4, maka jika dia dicoy ke samping, kolom C akan berubah menjadi D, E, F, dst, namun jika dia dicopy ke bawah, maka angka 4 tidak akan berubah.

Untuk mengcopy fungsi ke semua cel, terlebih dahulu kita copy ke samping. Caranya adalah, arahkan kursor ke pojok kanan awah cell hingga muncul tanda plus. Kemudian klik, tahan, dan tarik sampai cell yang diinginkan. Dalam contoh di bawah kita bisa tarik sampai cell V6. Untuk copy ke bawah, blok cell M6 – V6, kemudian arahkan kursor ke pojok kanan bawah cell hingga muncul tanda plus. Kemudian klik, tahan, dan tarik ke bawah sampai cell yang diinginkan. Dalam contoh di atas, kita bisa tarik sampai baris ke 10 atau bahkan lebih, sesuai keinginan kita.


Untuk skoring cara kedua ini, saya telah membuat template rumus yang dapat di download disini. Jumlah item dalam template tersebut saya batasi sampai 50 saja, dan jumlah subjek saya batasi sampai 100. Namun anda dapat menambahkan sendiri kolom item dengan cara klik kanan di kolom item terakhir, pilih insert, lalu pilih entire coloum. Kemudian copy kembali rumus ke samping. Begitu juga jika ingin menambah jumlah subjek, silakan jumlah subjek, tinggal copy saja rumus ke bawah. Jika anda ingin mengurangi jumlah item, tinggal blok kolom item yang tidak dipakai, klik kanan, delete.  Di atas nomer item ada tulisan F dan U dan merupakan keterangan item anda. Ganti keterangan tersebut sesuai data yang anda miliki.
   


  

Pensiunan guru SD yang sudah promosi menjadi dosen Psikologi di Universitas Muhammadiyah Malang

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Artikel Lainnya