Icip-icip Belajar Coding R di DataCamp


Bagi yang belum berkenalan dengan R, silakan berkenalan dulu di sini. Secara ringkas, R ini adalah salah satu software olah data open source. Meskipun gratis, R cukup powerful dan berkembang cukup pesat di kalangan pegiat olad data. Beberapa ahli masih terus bergotong-royong mengembangkan package dalam R hingga saat ini. Meskipun demikian, R mungkin masih nampak asing bagi kita yang sudah terbiasa dengan SPSS karena bahasa yang digunakan lebih banyak menggunakan bahasa pemrograman, tidak seperti SPSS yang tinggal klik. Namun, tenang saja, banyak script R ini tersebar di internet, jadi kita tidak perlu lagi membuat sendiri, tinggal cari saja di google apa kebutuhan kita.

Karena bahasa yang masih tidak umum di kalangan peneliti, banyak yang memilih menyerah dan tetap menggunakan software berbayar, meskipun tidak memiliki lisensi. Namun bagi kalian yang sudah insaf dan tertarik mempelajari R lebih dalam, ada satu website yang menyediakan pelatihan R secara gratis, ya tidak full gratis sih, tapi cukup lah jika untuk mencicipi bagaimana menggunakan R. Wbsite ini bernama DataCamp yang bisa diakses di https://www.datacamp.com/home. Kita cukup regristrasi dengan email atau Facebook, dan sudah bisa belajar menkoding di situ. Selain R, DataCamp juga menyediakan pelatihan Python, alat oleh data juga, namun saya sendiri belum pernah mencoba. Jadi daripada mengikuti pelatihan yang berharga jutaan untuk sekedar icip-icip, mengikuti pelatihan di website ini menjadi alternatif yang lebih murah dan fleksibel secara waktu.

Apa keistimewaan DataCamp?
Di DataCamp ada banyak sekali course, mulai dari yang paling dasar hingga yang sudah expert. Khusus course level dasar, DataCamp memberikannya secara gratis, namun untuk level yang lebih tinggi, hanya beberapa bagian saja yang terbuka secara gratis. Kenapa belajar di DataCamp ini saya rekomendasikan? Ini beberapa alasannya:

1.    Sistem belajar yang learning by doing
Jadi setiap materi akan ada petunjuk, disertai dengan soal yang kita langsung kerjakan di situ juga. Soal disini tentu saja adalah soal coding yang digunakan di R. Akan ada tampilan yang mirip seperti di software R, yakni ada tempat untuk menulis script dan console yang menampilkan output. Kita diminta untuk menjawab soal dengan menulis script disitu, lalu kita run. Kalau script kita benar, maka kita akan mendapakan point dan bisa lanjut ke level selanjutnya. Namun kalau script kita salah, kita bisa minta petunjuk sampai kita bisa menuliskan script yang benar. Jadi asyik kan, seperti main game saja.

2.    Materi yang lengkap
Materi course yang ada di DataCamp sangat lengkap dan up-to-date. Meskipun kegunaan utama materi lebih dikhususkan untuk para data scientist, namun tidak menutup kemungkinan ahli psikometri dan statistika untuk memanfaatkan pelajaran di sini.

3.    Fleksibel dalam mengatur waktu belajar
Karena tidak ada jadwal khusus, kita bisa menyesuaikan belajar kita dengan kesibukan kita. Kita juga bisa menyesuaikan kecepatan belajar kita sesuai kemampuan kita. Tidak seperti belajar di kelas, yang jika kita belum paham sementara materi harus terus berlanjut, kita akan ditinggal. Di DataCamp kita bisa mengulang materi berapa kalipun kita mau sampai paham.

4.    Memperoleh sertifikat
Jika kita memang serius untuk belajar, kita bisa membayar untuk belajar di situ, biayanya 25USD/bulan atau sekitar 350.000 rupiah/bulan. Keistimewaannya adalah kita bisa memperoleh full course dan mendapatkan sertifikat jika sudah menyelesaikan satu course.   


Ya memang kita tidak akan bisa belajar full tentang R di DataCamp. Untuk belajar menjadi ahli R memang andalannya adalah Google dan jam terbang. Tapi setidaknya untuk icip-icip dan memberikan insight tentang bagaimana program R bekerja belajar di DataCamp ini cukup membantu. Metode belajar yang learning by doing dan seperti main game juga menjadikan belajar di sini menjadi menyenangkan. Kita seperti diajak memecahkan teka-teki dan jika bisa memecahkannya, kita bisa lanjut level. Untuk mulai belajar R di DataCamp, silakan meluncur ke https://www.datacamp.com/courses/free-introduction-to-r, atau bisa juga ke https://campus.datacamp.com/courses/belajar-r/pengenalan-dasar?ex=1, untuk course yang sudah diterjemahkan oleh Herman Tan ke bahasa Indonesia. Namun course dalam bahasa Indonesia ini masih sedikit. 

Pensiunan guru SD yang sudah promosi menjadi dosen Psikologi di Universitas Muhammadiyah Malang

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
August 20, 2018 at 8:18 PM delete

R itu sebenarnya bahasa dewa yang dicuri manusia setengah dewa dan manusia itu adalah Robert Gentleman dan Ross Ihaka (meskipun ada manusia setengah dewa lainnya = Guido van Rossum). Monggo mas Hanif mampir-nginguk di web saya www.statistikopensource.com
Nuwun

Reply
avatar
September 5, 2018 at 8:48 PM delete

Keren sekali webnya mas. Lanjutkan!

Reply
avatar
January 24, 2019 at 1:35 PM delete

Cara nerjemain bahasa di datacamp gimana?

Reply
avatar
September 15, 2019 at 9:58 AM delete

Around a couple of decades prior and previously, the pace of information age was low, and a large portion of the information was organized which could be effectively examined by straightforward devices like BI.ExcelR Data Science Courses

Reply
avatar

Artikel Lainnya