Cara Mengatasi Data Berdistribusi Tidak Normal

Ketika kita hendak melakukan analisis statistik parametrik, seperti melakukan uji korelasi product moment, salah satu asumsi yang harus dipenuhi adalah distribusi data kita normal. Oleh karena itu sebelum melakukan analisis statistik parametrik, terlebih dahulu kita harus melihat apakah data kita terdistribusi normal atau tidak. Bagaimana cara untuk melihat data kita normal atau tidak? Berikut akan diberikan contoh penelitian fiktif tentang “Hubungan antara IQ dengan prestasi”. Data fiktif dapat didownload di sini


Uji Normalitas di SPSS
Sebelum menguji hipotesis kita yakni “ada hubungan antara IQ dengan prestasi”, maka kita uji terlebih dahulu normalitas data IQ dan prestasi kita. Ada berbagai cara untuk menguji normalitas di SPSS, seperti dengan melihat histogram dan nilai skewness dan kurtosis serta dengan uji kolmogorov-smirnov.  Contoh kali ini kita akan menggunakan uji kolmogorov-smirnov. Uji normalitas dengan kolmogorov-smirnov dilakukan dengan membandingkan distribusi empirik data kita dengan distribusi normal yang diharapkan. Karena merupakan uji beda, maka nilai p yang diharapkan adalah yang tidak signifikan, yakni p>0,05. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara kedua distribusi itu, yang berarti distribusi data empirik kita adalah normal. Untuk menguji normalitas di SPSS dapat dilakukan dengan cara
1.      Klik analyze – descriptive statistics – explore
2.      Masukkan variabel IQ dan prestasi ke dependent list
3.      Klik plots, lalu centang histogram dan normality plots with tests
4.      Klik continue lalu OK


Dari output tersebut dapat kita lihat, variabel IQ memiliki nilai kolmogorov-smirnov sebesar 0,53 dan p=0,200 (p>0,05), dengan demikian tidak ada perbedaan antara distribusi empirik data kita dengan distribusi normal ideal, oleh karena itu distribusi data variabel IQ normal. Sedangkan pada variabel prestasi memiliki nilai kolmogorov-smirnov  sebesar 0,105 dan p=0,027 (p<0,05), dengan demikian ada perbedaan antara distribusi empirik data kita dengan distribusi normal ideal, oleh karena itu distribusi data variabel prestasi tidak normal. Lalu bagaimana kita memperlakukan data yang tidak normal kita? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi data yang tidak normal tersebut.

Membuang outliers
Salah satu alasan mengapa data kita tidak normal adalah adanya outliers. Outliers adalah data yang memiliki skor ekstrem, baik ekstrem tinggi maupun ekstrem rendah. Adanya outliers dapat membuat distribusi skor condong ke kiri atau ke kanan. Beberapa ahli menilai data outliers ini lebih baik kita buang, karena ada kemungkinan subjek mengerjakan dengan asal-asalan, selain itu adanya data outliers juga mengacaukan pengujian statistik. Namun beberapa ahli tetap mendukung bahwa data outliers tetap harus dimasukkan dalam analisis karena memang fakta di lapangan adalah demikian. Dalam kasus ini, kita akan membuang outliers yang dapat mengacaukan data kita, sehingga diperoleh distribusi yang normal.

Untuk melihat data outliers, kita dapat melakukannya di output kita tadi pada bagian Boxplot. Hasil output boxplot data kita dapat dilihat pada gambar di bawah.

Gambar tersebut mengindikasikan data-data mana saja yang terindikasi merupakan data ekstrem atau outliers.  Jika data berada di atas kotak, menunjukkan data ekstrem tinggi, sedangkan jika berada di bawah kotak menunjukkan data ekstrem rendah. Semakin jauh dari kotak, semakin ekstrem data tersebut. Dari output di atas kita dapat melihat bahwa subjek nomer 2 terindikasi sebagai outliers. Untuk menghapus data subjek, klik kanan pada nomer subjek, lalu pilih clear.

Jika outliers tersebut telah kita hapus, maka kita uji kembali normalitas data kita dengan kolmogorov-smirnov. 

Hasil uji kolmogorov-smirnov yang baru ditunjukkan gambar di bawah.
Hasil uji kolmogov-smirnov yang baru pada variabel prestasi ternyata menghasilkan nilai kolmogorov-smirnov sebesar 0,097 dan p=0,61 (p>0,05). Dengan demikian distribusi data variabel prestasi normal. Begitu juga pada variabel IQ yang memiliki p>0,05, sehingga variabel IQ juga terdistribusi normal. Dengan demikian masalah ketidaknormalan data kita sudah teratasi.

Transformasi Data
Jika beberapa ahli tidak setuju dengan cara menghapus data-data ekstrem, cara lain yang bisa ditempuh adalah dengan transformasi data. Transformasi data dilakukan dengan mengubah data kita dengan formula tertentu tergantung dari bentuk grafik kita. Sebelum melakukan transformasi data, kita harus tahu terlebih dahulu bagaimana bentuk grafik kita. Cara melihat grafik data kita adalah dengan cara 
1.      Klik analyze – descriptive statistics – frequencies
2.      Masukkan variabel prestasi dan pilih menu chart, pilih histogram dan centang show normal curve on histogram.
3.      Klik continue dan OK, maka akan diperoleh output seperti berikut.
Grafik tersebut menggambarkan kurve kita condong ke kanan. Beberapa kemungkinan grafik yang akan muncul adalah sebagai berikut.
Sumber gambar: http://i-codee.blogspot.co.id

Panduan transformasi data berdasarkan bentuk grafik dapat dilihat di tabel di bawah.
Bentuk Grafik Histogram
Bentuk Transformasi Data
Moderate positive skewness
SQRT(x)
Substansial positive skewness
LG10(x)
Severe positive skewness
1/x
Moderate negative skewness
SQRT(k-x)
Substansial negative skewness
LG10(k-x)
Severe negative skewness
1/(k-x)
k = nilai tertinggi dari data mentah x

Jika kita kembali ke data kita dan melihat grafik histogram kita, maka bentuk grafik kita adalah moderate negative skewness, sehingga transformasi data yang kita pakai adalah SQRT(k-x). K adalah nilai tertinggi dari data mentah variabel prestasu, yakni 86. Untuk mentransformasi data, kita dapat melakukan langkah berikut
1.      Klik transform – compute variable. 
2.      Pada kotak target variable, kita ketik nama variabel baru kita, misal trans_prestasi
3.      Pada numeric expression, masukkan formula kita yakni SQRT(86-prestasi)
4.      klik OK
Kembali lagi ke data kita, maka kita sudah memiliki variabel baru bernama trans_prestasi yang tidak lain adalah transformasi data dari variabel prestasi.  

Untuk melihat apakah transformasi data kita berhasil atau tidak, kita uji kembali normalitas data kita dengan kolmogorov smirnov.
Dari hasil uji kolmogorov-smirnov, diperoleh p>0,05, sehingga dapat dikatakan bahwa variabel transformasi prestasi ini terdistribusi secara normal.

Catatan mengenai transformasi data:
·       Transformasi  data tidak hanya dapat digunakan untuk mengatasi ketidaknormalan data, tapi juga dapat digunakan untuk mengatasi pelanggaran asumsi lainnya, seperti lineraritas dan homogentitas varians pada uji beda. Meskipun umum digunakan, namun penggunaan transformasi data sendiri juga tidak lepas dari pro dan kontra. Beberapa diskusi terkait dapat dilihat di sini
·      Jika transformasi data dilakukan, maka data yang ditampilkan dalam laporan kita tetaplah data asli. Namun data yang digunakan untuk uji statistik parametrik menggunakan data transformasi.
·      Jika uji statistik dilakukan untuk mengkorelasikan dua atau lebih variabel, maka setiap variabel juga harus ditransformasikan dalam bentuk yang sama. Artinya, dalam contoh di atas, variabel IQ juga harus ditransformasi ke bentuk SQRT(k-IQ).

Mengubah Analisis ke Non-Parametrik
Cara terakhir jika dengan menghapus outliers dan mentransformasi data kita belum berhasil adalah dengan mengubah teknik analisis kita ke analisis non-parametrik. Analisis non-parametrik tidak memerlukan asumsi normalitas seperti yang diperlukan pada analisis parametrik. Meskipun demikian, power test analisis non-parametrik ini tentu lebih lemah jika dibandingkan dengan analisis parametrik. Beberapa teknik analisis pengganti analisis parametrik disajikan dalam tabel di bawah ini.
Analisis Parametrik
Analisis Non Parametrik
Fungsi
Paired sample t-test
Uji tanda
Uji  Wilcoxon
Meneliti perbedaan dalam  suatu kelompok
Independent sample t-test
Uji Mann-Whitney U;
Membandingkan dua sample bebas
Anava satu jalur
 Kruskal-Wallis
Membandingkan tiga kelompok atau lebih
Anava dua jalur
Anava dua jalur Friedman
Membandingkan tiga kelompok atau lebih dengan menggunakan dua faktor yang berbeda
Korelasi Pearson
Korelasi peringkat Spearman
Mengetahui hubungan korelasi linier antara dua perubah

Update!
Sebelum menjudge data kita tidak normal, ada baiknya membaca artikel ini dulu. Cara menguji normalitas yang benar ada di situ.


Mahasiswa PhD di ELTE, Hungaria. Dosen Psikologi di UMM, Indonesia.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

182 komentar

Write komentar
January 27, 2018 at 12:41 AM delete

Saya mau tanya,dengan mentransformasi data apakah nilai n ajan berubah?soalnya saya pnya data fgn nilai n=125 sya trnformasi dgn spss dlm bentuk LN nilai n jd berubah 74,mohon pencerahan,trimakasi

Reply
avatar
January 27, 2018 at 7:31 PM delete

Seharusnya transformasi data tidak mengubah jumlah responden

Reply
avatar
February 18, 2018 at 6:40 AM delete

Saya mau tanya, hasil output nya setelah ditransformasi data kog one sample kolmogrov-smirnov test cannot be performed, itu letak kesalahannya dimana ya pak,, terimakasih

Reply
avatar
March 3, 2018 at 8:35 AM delete

Mohon maaf, pertanyaan kurang spesifik, saya belum bisa bantu

Reply
avatar
March 6, 2018 at 4:44 PM delete This comment has been removed by the author.
avatar
April 12, 2018 at 10:28 PM delete

Mau tanya, boleh gak kalau kita mentransformasi data sebanyak dua kali atau lebih? Soalnya punya saya banyak angka negatifnya jadi saya kuadratkan lalu saya Ln kan lagi, apakah itu tidak masalah?

Reply
avatar
April 18, 2018 at 12:30 AM delete

Bagaimana jika setelah transformasi data dengan SQRT nilai N berubah dan tidak sama/berbeda apa bisa di perbaiki?

Reply
avatar
April 20, 2018 at 11:47 PM delete

Bapak, saya ingin bertanya. saya memiliki 300 data yang saya ambil menggunakan survei online, setelah uji normalitas,terdapat 20 data outliers, apakah saya dapat menghapus 20 data tersebut atau ada maksimal data yg dihapus? misalnya hanya boleh menghapus 10.. terimakasih..

Reply
avatar
April 21, 2018 at 6:57 PM delete

Apakah datanya ada yang nilainya negatif? Beberapa transformasi tidak bisa dilakukan pada data negatif, termasuk SQRT, hal itu akan menimbulkan missing di data. Coba transformasi lain

Reply
avatar
April 21, 2018 at 6:59 PM delete

Sebenarnya tidak ada batas maksimal menghapus, hanya saja kalau sapel terlalu kecil juga tidak baik. Kalau data 300, dihapus 20 masih 280, itu masih cukup baik. Hanya saja saran saya, coba menghapus bertahap, mulai dari yang sangat ekstrem terlebih dahulu

Reply
avatar
April 24, 2018 at 5:36 PM delete

Mau tanya, kalo udah melakukan transform data apa harus diulang lagi uji validitas dan uji reliabel dan analasis data nya? Trimakasih

Reply
avatar
April 24, 2018 at 10:00 PM delete

Tidak perlu. Transformasi hanya untuk uji hipotesisi agar memenuhi asumsi dari analisis

Reply
avatar
April 26, 2018 at 1:08 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar
April 26, 2018 at 9:03 AM delete

Teromakasih. Sangat membantu.. Di sini saya ingin meminta buku referensi atau dasar dari outlier boxplot. Terimakasih.

Reply
avatar
April 27, 2018 at 2:08 AM delete

Saya mau tanya, hasil output nya kolmogrov-smirnov bisa tidak ada di tabel ya hanya ada test statistic dan Asymp. Sig (2-tailed)

Reply
avatar
April 27, 2018 at 2:38 AM delete

Referensi terkait outliers, boxplot, dan scatterplot bisa dilihat di buku Andy Field: Discovering statistics using SPSS. Buku bisa didownload di halaman download

Reply
avatar
April 30, 2018 at 3:22 AM delete

Iya pak data saya ada yg bernilai negatif, bagaimana ya pak solusi nya untuk hal tersebut, selain Sqrt sy harus menggunakan apa agar N valid nya tidak berubah, kalau menggunakan Ln dan Log masih belum normal, trimakasih...

Reply
avatar
April 30, 2018 at 9:25 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar
May 4, 2018 at 7:24 PM delete

Assalamjalaikum
Saya menggunakan analis. Reg sederhana dengan 3 var Y dan 1 X. Data x tidak terdistribusi normal dan sudah di transformasi. Uji autokorelasi sya pun harua menggunakan cochrane orcutt. Untuk selanjutnya uji t, F, dan regresi sederhana data mana yg harua saya gunakan? Dari transformasi uji normal atau uji cochrane orcutt. Terimakasih

Reply
avatar
May 14, 2018 at 6:39 AM delete

mau nanya, kan kalo misal data berdistribusi normal maka memakai nilai Mean.
nah kalo data yg tdk berdistribusi normal itu pake apa ya ? makasih

Reply
avatar
May 24, 2018 at 3:56 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar
June 24, 2018 at 8:32 AM delete

Mau tanya, nilai yang dilihat pada kolom kolmogrov smirnov jika data terdistribusi normal yang mana ya, nilai sig atau nilai statistic?

Reply
avatar
June 26, 2018 at 9:48 PM delete

Kak saya mau bertanya, apakag analisis regresi logistik merupakan analisis unutk data nonparametrik?
jika boleh selain itu apa saja ya kak untuk uji regresi nonparametrik?

Reply
avatar
June 27, 2018 at 5:39 AM delete

Untuk melihat normal atau tidaknya kalau di SPSS langsung lihat sig nya saja. Data normal kalau sig nya > 0,05

Reply
avatar
June 27, 2018 at 5:52 AM delete

Regresi logistik itu untuk memprediksi variabel terikat yang berskala dikotomi (misal: Ya dan Tidak). Regresi nonparametrik salah satuny adalah dengan Kernel Regression yang bisa dianalisis dengan software R

Reply
avatar
June 27, 2018 at 6:58 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar
June 27, 2018 at 7:00 AM delete

Kak mau bertanya,data saya ada 40 setelah saya uji normalitas ternyata di KS tidak normal, signya 0.000. Lalu saya transformasi data tsb ke Ln dan data N saya berubah jadi 33 dan data KS normal dengan sig 0.200, apakah tidak apa2 kalau saya menggunakan data yg sudah di transformasi yg penting data tersebut masih lebih dari 30? Tlg di jawab ya kak, terima kasih..

Reply
avatar
June 27, 2018 at 10:33 AM delete

Halo, saya mau bertanya. Apabila data sudah ditransformasi utk uji normalitas, data untuk homogenitas dll tetap menggunakan data asli atau data transformasi?

Reply
avatar
June 28, 2018 at 7:58 PM delete

Apakah datanya ada yang nilainya negatif? Beberapa transformasi tidak bisa dilakukan pada data negatif, termasuk LN, hal itu akan menimbulkan missing di data. Coba transformasi lain kalau memungkinkan, atau ubah ke bentuk T-score agar menghasilkan nilai yang positif

Reply
avatar
July 1, 2018 at 5:46 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar
July 3, 2018 at 2:51 AM delete

Assalamualaikum mas saya mau tanya... saya kan mneliti data di Bursa efek dg 33 lap keuangan dg waktu 3th jdi data saya kan ada 99, stelah saya uji normalitas nilai KS tdak terdistribusi dengan normal. Lalu apa boleh saya ambil nilai rata2 dr 99 data menjadi 33 data setelah itu saya mentransformasikan ke LN... Mohon pencerahannya. Terimakasih

Reply
avatar
July 10, 2018 at 8:35 AM delete

Tergantung tujuan penelitiannya. Kalau memang itu dirasa tidak menyimpang dari tujuan silakan. Tapi saran saya, mungkin justru bisa dipakai saja 1/2 tahun yang datanya bisa dianalisis. Atau coba lakukan langkah-langkah di atas utk menormalkan data. Alternatif terakhir, gunakan statistik non-parametrik

Reply
avatar
July 10, 2018 at 8:39 AM delete

Maaf saya kurang paham dengan pertanyaannya. Tapi baik itu normal atau tidak, lebih baik gunakan skor mentah, baru kemudian bisa ditransformasikan dll kalau diperlukan

Reply
avatar
July 11, 2018 at 3:45 AM delete

Pak saya mau tanya saya ini ada 4variabel salah satu variabel saya adalah variabel dummy . Data saya sekunder . Gak normal2 pak data saya udah saya pake segala cara atau saya ada yg salah ya? Tolong pak pencerahan nya pak

Reply
avatar
July 12, 2018 at 8:22 PM delete

Salam.
Mohon maaf pak saya ingin bertanya. Di bagian Catatan Mengenai Transformasi Data, disebutkan bahwa jika salahsatu variabel dilakukan transform dengan, misal SQRT, maka variabel yang lainnya uga harus dilakukan transform SQRT. Yang ingin saya tanyakan, jika grafik histogram yang ditunjukkan dari setiap variabel berbeda, apakah trnasformasi yang dilakukan tetap sama ya Pak?
Mohon arahannya. Terima kasih

Reply
avatar
July 13, 2018 at 6:41 AM delete

iya, tetap harus dengan transformasi yg sama

Reply
avatar
July 14, 2018 at 8:27 PM delete

Pak saya mau tanya..data saya ada yg negatif setelah saya lakukan transformasi data, data yg negatif itu hilang sendiri,,bagaimana caranya mengubah data yg negatif menjadi positif seperti yg bapak bilang diatas dalam bentuk T-score?

Reply
avatar
July 15, 2018 at 6:05 AM delete

https://www.semestapsikometrika.com/2017/09/mengubah-skor-ke-bentuk-skor-standar-di.html

Reply
avatar
Anonymous
July 15, 2018 at 12:29 PM delete

Mohon maaf, apa ada jurnal atau buku terkait pembahasan ini pak... Mohon informasi nya pak, terimakasih

Reply
avatar
July 15, 2018 at 11:50 PM delete

Pembahasan ini disarikan dari berbagai sumber, tapi saya banyak mengacu pada buku Andy Field, Discovering Statistics Using SPSS. Ebook nya bisa didownload di halaman download

Reply
avatar
July 16, 2018 at 4:47 AM delete

KA mau tanya tp banyak hehe boleh minta email nya gak?

Reply
avatar
July 17, 2018 at 11:21 AM delete

Berarti walaupun berbeda hasil Skewness nya (ada yang positive skewness dan ada yang negative skewness) tetap harus di transform dengan calculation transform yang sama ya pak?

Dan ada lagi yang ingin saya tanyakan Pak. Jika dari keseluruhan variabel independen, hanya 1 variabel independen saja yang saya transform, apakah boleh ya Pak?

Terima kasih

Reply
avatar
July 18, 2018 at 5:52 AM delete

Tidak, sekali anda melakukan transform, seluruh variabel lain yang dikorelasikan juga harus ditransform dengan transformasi yang sama

Reply
avatar
July 19, 2018 at 6:08 AM delete

Oh begitu, baik Pak.

Maaf pak ada 1 lagi pertanyaan, tapi agak sedikit keluar dari materi yang bapak sampaikan di laman ini, namun saya mohon bantuan pencerahannya pak. Ini tentang Outlier pak

Saya sedang meneliti menggunakan analisis regresi logistik, pada 60 bank dalam waktu 7 tahun dengan 7 variabel. Namun ada di salahsatu uji yang tidak lolos, yaitu Hosmer and Lemeshow Test. Saya mencoba mencari nilai Zscore nya untuk mengetahui apakah ada outlier, ternyata ada. Yang ingin saya tanyakan, dari data outlier tersebut, jika yang terkena outlier adalah pada Bank A pada tahun 2011, namun pada tahun 2012 Bank A tidak terkena outlier, apakah saya harus menghapus keseluruhan data dari Bank A (dari 2011 hingga 2017) atau hanya menghapus di tahun dimana Bank A terkena outlier (hanya di 2011)?

Mohon pencerahannya Pak. Terima kasih banyak.

Reply
avatar
July 20, 2018 at 3:54 AM delete

Ada yang bisa bantu, bagaimana bila sampel yang di gunakan itu 3 sampel. Sedangkan untuk uji non parametric sendiri biasanya ada 2 sampel saja. Pakai apa yah uji normalitas non parametric tapi dg 3 sampel?

Reply
avatar
July 21, 2018 at 3:02 AM delete

Assalamualaikum, pak izin bertanya apa penyebabnya saat menguji dg Uji Mann Whitney " Mann Whytney Test cannot be performed on empty groups". Pdhl skala variabel sudah numerik . Terimkasih

Reply
avatar
July 28, 2018 at 2:27 AM delete

assalamualaikum
saya mau bertanya.. penelitian sy ada 3 variabel x dan 1 variabel y
dua variabel tidak normal
setelah saya transform dgn cara Log(sesuai variabel),, hasil menunjukan yang 1 variabel mau normal tetapi yang satu tudak mau normal
mohon pencerahannya pak
boleh jawabannya dikirim via email [email protected]
terimakasih atas waktunya pak

Reply
avatar
Anonymous
August 19, 2018 at 2:26 AM delete

Pak, sy mau tanya. Kalau data nya setelah di coba dengan ln dan outlier masih tidak normal ada cara yg lain tidak?

Reply
avatar
September 4, 2018 at 1:53 AM delete

halo kak, saya mau tanya ini sumber nya darimana ya? atau ada buku atau jurnal untuk referensi?? Terima kasihh

Reply
avatar
September 16, 2018 at 3:06 AM delete

Mohon bantuannya gan, ane sudah transformasi data SQRT tapi kok masih ga normal aja ya?

Reply
avatar
September 17, 2018 at 7:06 PM delete

coba dengan transormasi yang lain. Jika masih belum berhasil, coba cara yang saya jelaskan di artikel ini. Kalau tetep belum bisa, gunakan statistik non-parametrik

Reply
avatar
September 25, 2018 at 4:26 AM delete

ka, saya mau tanya. Min pengambilan sampel saya adalah 400 responden. dan saat ini saya dapat 412 responden, dan hasilnya tidak normal nilai p mendekati signifikansi 0.000c, lalu saya membuang outlier hingga 5 kali akhirnya saya dapat nilai normal, namun sampel saya menjadi 374. Apakah data ini bisa saya pakai? atau saya harus tetap mencapai 400 responden?

Reply
avatar
October 12, 2018 at 10:09 AM delete

terimakasih banyak, sangat membantu, semoga ilmunya terus bermanfaat untuk orang lain dan Allah balas dengan banyak kebaika.

Reply
avatar
October 16, 2018 at 8:38 PM delete

Pak kalau grafik nya condong nya tengah", jadi ga ke kiri ga ke kanan dia tengah" pake ketentuan yg mana ya? Di atas ga ada yg tengah. Data saya soalnya ga normal tapi grafiknya condong di tengah"

Reply
avatar
October 19, 2018 at 7:20 PM delete

Pak kalau datanya ada yang negatif pakai tranformasi yang mana ya?

Reply
avatar
October 22, 2018 at 2:34 AM delete

pak, maaf transformasi yang bisa digunakan untuk variabel yang mengandung data bernilai negatif yang mana ya? terimakasih atas responnya

Reply
avatar
October 22, 2018 at 5:55 PM delete

Transformasi sebaiknya disesuaikan dgn bentuk kurvanya, menceng kemana. Kalau ada data yg negatif bisa dibuat positif dulu dgn diubah ke bentuk T-score atau skor terstandar lainnya

Reply
avatar
October 22, 2018 at 5:56 PM delete

Transformasi sebaiknya disesuaikan dgn bentuk kurvanya, menceng kemana. Kalau ada data yg negatif bisa dibuat positif dulu dgn diubah ke bentuk T-score atau skor terstandar lainnya

Reply
avatar
Anonymous
October 26, 2018 at 11:17 AM delete

kaa.. maaf mau bertanya.. apabila data ternyata yang kita dapat berdistribusi tidak normal sudah kita coba ubah ubah tetapi hasilnya tetap data yang tidak berdistribusi dengan normal, apakah bisa tetap di pakai ka?

Reply
avatar
Anonymous
October 26, 2018 at 11:44 AM delete

Kaa.. maaf mau tanya.. jika data yang kita peroleh awalnya berdistribusi tidak normal dan setelah di perbaiki pun tetap berdistribusi tidak normal apakah tetap bisa di lanjutkan pengolahan datanya ka?


Dan jika jawabannya boleh.. berarti jika melanjutkan pengolahan data yang tidak berdistribusi normal ini menggunakan jenis nonparametrik?

Reply
avatar
November 21, 2018 at 7:29 AM delete

Itukan pakai sqrt transformasinya,apakah untuk variabel lainnya menggunakan sqrt juga atau hrs melihat bntk grafik dlu untuk mentransformasinya?

Reply
avatar
November 21, 2018 at 7:29 AM delete

tukan pakai sqrt transformasinya,apakah untuk variabel lainnya menggunakan sqrt juga atau hrs melihat bntk grafik dlu untuk mentransformasinya?

Reply
avatar
Anonymous
November 22, 2018 at 5:07 AM delete

pak ini ada sumber literaturnya? kalo ada boleh minta sumbernya? terima kasih. artikel yang bagus dan sangat membantu..

Reply
avatar
December 4, 2018 at 3:20 AM delete

Halo saya mau tanya kan saya sudah transform data lalu untuk analisis regressionnya pakai data me tah apa yg detelah d transform ya?

Reply
avatar
December 5, 2018 at 10:17 AM delete

Pak, saya mau nanya. Data saya merupakan data sekunder yang di peroleh dari laporan keuangan dengam mendownload di Bursa Efek Indonesia. Adapun jumlah sampel saya (n) sebanyak 84. Nah ketika saya melakukam uji asumsi klasik salah satunya di uji normalitas. Uji normalitas itu dasar keputusannya ada 2 yaitu uji grafik dam statistik. Permasalahan disaat saya mengolah data itu ketika saya melakukan uji normalitas dengan uji statistik, dimana uji KS tidak terdistribusi dengan normal. Ketika saya LN kan malah makin ga bagus. Itu menurut bapak gimana ya ? Terimakasih. Mohon di jawab yaa😊

Reply
avatar
December 5, 2018 at 9:40 PM delete

Pak saya mau nanya..apakah transformasi data hanya berlaku untuk kolmogorov pak? Bagaimana dengan shapiro wilk pak jika datanya tidak normal dan mau dinormalkan untuk shapiro wilk pakai apa pak? Mohon penerangannya pak.terima kasih.

Reply
avatar
December 22, 2018 at 4:37 AM delete

Kak mau tanya. Saya menggunakan ujì normalitas menggunakan Kolmogrof sminorv. Jika kelanjutan teori, jika distribusi tabel tersebut tidak normal menggunakan uji apa ?
Terima kasih

Reply
avatar
January 10, 2019 at 2:40 AM delete

Maaf ka
Saya menguji data saya
Item pertanyaannya 10,8,4,3
Namun data tidak berdistribusi normal. Masalahnya dimana ya ka ?

Reply
avatar
January 22, 2019 at 5:26 AM delete

Sebenarnya tidak ada batas maksimal menghapus, hanya saja kalau sapel terlalu kecil juga tidak baik. Kalau data 300, dihapus 20 masih 280, itu masih cukup baik. Hanya saja saran saya, coba menghapus bertahap, mulai dari yang sangat ekstrem terlebih dahulu
pak jika data SAYA memiliki kASUS SEPERTI PERTANYAAN DIATAS . KEMUDIAN JIKA DATA SAYA TIDAK NORMAL BAGAIMANA MELANJUTKAN KE TAHAP SELANJUTNYA. UNTUK JAWABANNYA TERIMA KASIH PAK.

Reply
avatar
Anonymous
January 27, 2019 at 4:04 AM delete

Mau nanya kan katanya K = nilai tertinggi data mentah (25) terus kenapa waktu di masukin ke rumus jadi (86-prestasi) bukan (25-prestasi)? Mohon penjelasannya

Reply
avatar
February 4, 2019 at 3:00 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar
February 4, 2019 at 3:00 AM delete

Gan saya kan udah transformasi data nih dengan berbagai pilihan, tapi masih belum normal juga. Saya pernah denger misal pake transformasi log10 bisa dicoba juga ditambahkan dengan angka dibelakangnya, contoh LG10(DATA + 1), atau LG10(DATA + 2), dst... sampai didapatkan data normal. betul gak?

Pertanyaan kedua, kalau data sudah ditransformasi dan masih tidak normal apakah boleh dihilangkan outlier pada data yang sudah ditransformasi tsb? Soalnya kalo menghilangkan outlier pada data asli hasilnya tetap tidak normal.

Reply
avatar
February 7, 2019 at 6:16 AM delete

Kak saya mau tanya, kalo uji validitas dan reliabilitas apakah datanya harus di tranaformasikan dulu atau tidak usah pun gapapa?
Teimakasih

Reply
avatar
Elfit
February 25, 2019 at 4:47 PM delete

Selamat pagi. Ketiga pilihan yang disampaikan, yaitu membuang outlier, transformasi, dan mengubah analisis tsb sifatnya berurutan atau kita bisa langsung memilih salah satu? Contohnya: karena kesulitan mentransformasi data maka cara yang dipilih adalah mengganti model analisis. Terima kasih, sukses selalu :)

Reply
avatar
March 1, 2019 at 5:34 AM delete

kak sy mw tanya 86 itu dpt darimana. soalx saya liat kembali ke data view variabel prestasi g ad datax yg 86. terimakasih bnyk. smg dijawab

Reply
avatar
March 2, 2019 at 2:19 PM delete

Hai kak dini. Permasalahan kita sama. Jadi gimana dgn kolmogorov tdk ada kak. Saya jg tidak ada kolmogrov nya malah test statistic katanya

Reply
avatar
March 6, 2019 at 9:12 PM delete

Maaf pak mau nanya,buku yang membahas tentang cara menormalkan data ini apa ya pak???

Reply
avatar
March 7, 2019 at 8:11 AM delete

di data spss, N nya 484 tp pas di regres, N nya ko jadi 480 ya?

Reply
avatar
March 23, 2019 at 9:12 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar
April 5, 2019 at 8:27 AM delete

Maaf pak mau tanya kalo menggunakan uji outlier menjadi normal tp terjadi multikolinearitas bagaimana ya pak?

Reply
avatar
April 7, 2019 at 5:09 AM delete

Kaya mana cara mengatasi analisis regresi linier berganda yang hasil nya sig nya itu lebih besar dari hasil f dan.. Nilai x1 x2 ny itu lebih kecil dari nilai eror nya.. Dan hasil nya pun negatif..??

Reply
avatar
April 20, 2019 at 9:32 AM delete

mohon maaf pak, saya mau bertanya data saya tentang laporan keuangan yang bernilai negatif. dan tidak terdistribusi normal. kalau mau transform data pakaai transform data jenis apa yah pak ?

Reply
avatar
April 23, 2019 at 5:54 AM delete

Selamat malam pak.
Saya mau tanya kalau hasil pada unstandardized coeficien kolom B negatif. Cara untuk biar positif gimana ya pak.

Reply
avatar
May 4, 2019 at 10:15 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar
May 4, 2019 at 10:17 AM delete

selamat malam pak mau bertanya nilai K dari mana ya pak,terima kasih

Reply
avatar
May 6, 2019 at 10:17 PM delete

saya ingin menegtahui referensi yang digunakan dari yang tertera diatas tentang "Transformasi data tidak hanya dapat digunakan untuk mengatasi ketidaknormalan data, tapi juga dapat digunakan untuk mengatasi pelanggaran asumsi lainnya, seperti lineraritas dan homogentitas varians pada uji beda." sekiranya bisa dilampirkan referensinya terimakasih.

Reply
avatar
May 9, 2019 at 8:49 AM delete

Mohon maaf saya mau bertanya, saya kan baru belajar mengenai spss dan data yg saya masukkan tidak normal, kemudian apa yang harus di ganti biar normal, karena data yang saya gunakan sudah sesuai dengan data asli. Mohon bantuannya

Reply
avatar
May 10, 2019 at 12:54 AM delete

Mohon maaf pak saya mau bertanya, data saya tidak normal mengenai zscore, yang digunakan untuk uji regresi itu variable yg telah di transform ke zscore atau bukan ya pak? Terimakasih

Reply
avatar
May 23, 2019 at 8:37 PM delete

Assalamualailum, maaf pa saya mau nanya. Saya kan udah di transform terus di LN tetep hasilnya ada yg kosong di sqrt juga tetep aja. Itu gimana ya pa solusinya?

Reply
avatar
May 23, 2019 at 8:39 PM delete

Sama ini pa, udah saya coba outlier datanya dibuang2in pas saya uji lagi itu tetep aja hasilnya tidak normal masih 0,00 kalo kaya gitu kenapa ya pa? Butuh banget informasinya terimakasih

Reply
avatar
May 23, 2019 at 8:43 PM delete

Assalamualailum, maaf pa saya mau nanya. Saya kan udah di transform terus di LN tetep hasilnya ada yg kosong di sqrt juga tetep aja. Itu gimana ya pa solusinya?
Oh iya pa, saya juga udah coba outlier data yg dihapus hapusin itu kan nanti sampel nya berkurang. Pas saya uji lagi malah tetep masih gak normal kenapa ya pa itu? Mohon pencerahannya dan informasinya pa terimakasih

Reply
avatar
May 24, 2019 at 4:28 AM delete

Saya mau tanya, cara dapat nilai K pada saat ingin normalisasi moderate negative skewness gimana ya? lihat nilai K nya dimana, trims

Reply
avatar
Avi
May 28, 2019 at 5:59 AM delete

Pak maaf mau nanya, jika data sudah di transformasi dan datanya sudah berdistribusi normal, untuk melanjutkan uji korelasi dan regresi menggunakan data asli atau yang sudah di transformasi ya pak? Terima kasih

Reply
avatar
June 8, 2019 at 12:03 AM delete

Saya mau tanya pak, kalau untuk transformasi data apa bolrh menggunakan sqrt(X+1) dan kalau boleh buku mana yang bisa mendukung ini pak? Terimakasih

Reply
avatar
June 20, 2019 at 12:37 PM delete

Saya mau Tanya pak, kalo ada data yg nilai nya 0 apa bisa di sqrt? Atau harus pakai Ln?

Reply
avatar
July 2, 2019 at 6:43 PM delete

Selamat pagi, saya mau bertanya setelah data diotlier kan data dihapus. untuk uji selanjutnya apa tetap menggunakan data asli atau data yang sudah dihapus (karena outlier) tersebut?
terima kasih :)

Reply
avatar
July 3, 2019 at 6:26 AM delete

Mbak mau bertanya saya juga sama kyak mbak bnyk angka negatif.. bagaimana solusinya mbak apakah boleh seperti itu

Reply
avatar
July 22, 2019 at 5:13 AM delete

Untuk sumber bukunya apa ya pak?

Reply
avatar
August 10, 2019 at 12:30 AM delete

Mau tanyak,kalok uji normalitas kolmogorov nilai sig 0.001 tapi di shapiro wilk nilai sig 0.104 itu dikatakan terdistribusi normal atau nggak ya pak?

Reply
avatar
August 13, 2019 at 8:27 AM delete

Sudahkah nemu solusi ? Saya juga ngalami hal sama kak . Butuh pencerahan

Reply
avatar
August 23, 2019 at 2:20 PM delete

pak saya mau nanya, kalo hasil uji normalitas kolmogorov saya ngepas 0,050 apakah masih dikatakan normal pak?

Reply
avatar
October 20, 2019 at 8:34 AM delete

Salam pak, mau tanya hasil sig tailed saya selalu 0,000 . Sy sdh mencari cara dgn transormasi dan hapus data ekstrem namun sig nya tdk berubah . Itu bagaimana ya pak cara mengatasi nya? Terima kasih pak

Reply
avatar
October 28, 2019 at 7:53 AM delete

Kak saya mau bertanya, saya sudah mencoba mentransformasikan data yang tidak berdistribusi normal. Nah solusi terakhir kan mengubah menjadi uji non parametrik. Awalnya saya pakai uji pearson, berarti kalau saya pakai non parametrik, saya pakai uji rank sprarman. Nah pertanyaan saya, apakah boleh data mentahnya (berupa angka) langsung diuji rank spearman? Atau harus dikategorikan dulu datanya? Terimakasih.

Reply
avatar
October 28, 2019 at 7:58 AM delete

Jika transformasi data dilakukan, maka data yang ditampilkan dalam laporan kita tetaplah data asli. Namun data yang digunakan untuk uji statistik parametrik menggunakan data transformasi

Reply
avatar
October 28, 2019 at 7:58 AM delete

Jika transformasi data dilakukan, maka data yang ditampilkan dalam laporan kita tetaplah data asli. Namun data yang digunakan untuk uji statistik parametrik menggunakan data transformasi

Reply
avatar
November 27, 2019 at 2:15 PM delete

Assalamualaikum Pak, Pak saya mau bertanya. Untuk keseluruhan data variabel dependen dan independen saya tidak bisa ditransformasikan memakai transformasi yang sama, baik sqrt, ln, log, dll. Bagaimana cara saya memperbaiki normalitas datanya Pak, terima kasih

Reply
avatar
April 1, 2020 at 4:18 AM delete

Saya mau Tanya. Jika ketiga unsur diatas juga tidak terpenuhi maka diambil tahapan remedy, nah bagaimana proses tahapan remedy tersebut pak?

Reply
avatar
April 8, 2020 at 1:01 AM delete

Kak menyambung pertanyaan ini, setelah di logaritma natural dah diuji normalitas data saya berkurang,nah data yang hilang apakah bisa dicari? Kalo bise dengan cara apa? Mohon dijawab terima kasih

Reply
avatar
April 10, 2020 at 3:45 PM delete

Saran saya tidak usah ditransformasi, transformasi tidak selalu cocok untuk semua data. Jika sampel banyak, gunakan metode visual saja untuk melihat normalitas. Jika sendikit dan memang tidak normal, gunakan statistik non-parametrik

Reply
avatar
April 10, 2020 at 3:48 PM delete

Maaf saya tidak paham dengan istilah remedy, masih terdengar asing bagi saya. Mungkin maksudnya ambil data ulang atau menambah data gitu ya? Tapi saran saya, jangan buru-buru menghakimi data tidak normal. Cek dengan metode lain, misal visual. Lihat tulisan saya di sini https://www.semestapsikometrika.com/2019/06/catatan-mengenai-uji-normalitas-jangan.html

Reply
avatar
April 29, 2020 at 6:43 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar
April 29, 2020 at 7:37 AM delete

Malam pak, saya mau tanya, apakah outlier dapat dilakukan 2 kali? saya mencoba cara outlier pertama gagal,lalu mencoba outlier ke 2 berhasil, namun pada uji Multikolinearitas, salah satu X saya di-exclude. apakah itu normal?

Lalu pada transformasi data, saya meneliti pengaruh capital structure terhadap kinerja perusahaan(ROA), dilihat dari hasil uji normalitas data individu X1-X5 setelah ditranform, dapat lulus uji normalitas, tapi pada data Y(ROA), hasilnya selalu 0.000(kurang dari 0,05) walaupun sudah di tranform, sehingga setelah datanya di regresi dan di uji normalitas keseluruhan hasilnya selalu 0,000. apakah ada solusinya?

Reply
avatar
May 6, 2020 at 9:43 AM delete

Malam pak, saya mau bertanya perihal catatan transformasi data. Variabel dependen saya numerik yg tidak berdistribusi normal dan akan saya transformasi datanya. Sedangkan, variabel independen saya berupa data numerik yg akan dikategorikan (data kategorik).
Berdasarkan catatan diatas adalah "untuk uji statistik dua variabel atau lebih, harus ditransformasi kan datanya dengan transformasi serupa". Pertanyaan saya, apakah perlu ditransformasi serupa variabel independen saya walaupun nantinya akan dikategorikan?

Reply
avatar
May 7, 2020 at 5:06 AM delete

maf pak boleh sya tanyaa data sya sudah ditransformasikan tapi data N yah masih sma apakah jadi masalah atau tidak

Reply
avatar
June 2, 2020 at 6:42 AM delete

Mengatasi Data Tidak Normal Dengan Central Limit Theorem (CLT)
Apabila Data Tidak Normal Bisa Memakai Central Limit Theorem (CLT)
Sebagai Pendukung Kami Berikan Literatur Berupa Penelitian-Penelitian
Sebelumnya Sebanyak 20 Buah Penelitian
Bagi Yang Membutuhkan Bisa Klik Dibawah Ini Untuk Unduh Literatur Tersebut
https://s.id/UjiCLT

Reply
avatar
June 14, 2020 at 9:19 PM delete

Pak data saya tifak normal meskpun d uji berulang kali saya sudah mnggunakan cara mnggunakan sqrt dan cara uji normalitas tpi msih tetep tidak normal , bagamaina ya pak cra mengatasinya

Reply
avatar
June 15, 2020 at 7:45 PM delete

Sebenarnya tidak semua analisis memerlukan uji normalitas data mentah. Misal kalau analisis regresi, yang diuji normalitas adalah residunya. Beberapa pendapat mengatakan kalau sampel besar (misal > 100) uji normalitas tidak perlu dilakukan. Tapi kalau memang sampel kecil dan memang asumsi tidak terpenuhi, lebih baik pakai analisis lain (dengan non parametrik)

Reply
avatar
July 23, 2020 at 9:30 AM delete

halo pak saya ingin tanya. data saya tidak berdistribusi normal. dan saya melakukan transform. apakah smua variabel nya harus ditransform atau bisa hanya beberepa variabel dgn cara lihat histogram yg tidak ditengah? terimakasih pak

Reply
avatar
July 23, 2020 at 6:27 PM delete

Iya betul, jika satu variabel ditransform maka variabel yang lain juga harus ditransform dengan tranformasi yang sama

Reply
avatar
August 6, 2020 at 6:03 AM delete

Halo pak saya ingin bertanya.. Jika salah satu variabel mencong ke kanan dan variabel lainnya mencong kekiri apakah di harus ditransform sesuai grafik atau sama semua ya ? Dan jika harus sama semua harus memakai yg mencong ke kiri (sqrt) atau ke kanan (sqrt (k-x)) ?

Reply
avatar
August 7, 2020 at 10:38 AM delete

Transformasi harus dilakukan sama pada kedua variabel

Reply
avatar
August 21, 2020 at 10:14 PM delete

Hallo pak, mau tanya.
Data saya kan positif nih ya pak. Tapi pas saya mau transform ke LN hasilnya malah negatif. Apa itu bermasalah pak kalo hasil LN nya negatif?

Reply
avatar
Anonymous
October 31, 2020 at 1:33 PM delete

Kak mau tanya,
Saya mau melakukan uji normalitas dari sampel yg terdiri dari 29 orang, dengan membandingkan nilai pretest dan posttest.
Tetapi, data saya jika melakukan uji normalitas parametrik malah tidak normal pada bagian posttestnya, begitu jgn melakukan uji homogen menjadi tidak homegen.
Sudah mencoba melakukan LN dan log masih tidak berhasil utk menormalkan. Tidak bisa melakukan outlier karena sampel dkit.
Jadi gimana ya kak solusinya?

Reply
avatar
November 22, 2020 at 12:35 AM delete

Pak saya mau bertanya , apa yang dilakukan jika eror / galat nya tidak terdistribusi normal ?

Reply
avatar
December 4, 2020 at 8:16 AM delete

Pak saya mau tanya, apabila kita menggunakan transform dalm uji normalitas apakah uji selanjutnya menggunakan data transform juga? Atau tidak menggunakan hasil data transform

Reply
avatar
December 8, 2020 at 3:58 AM delete

Bagaimana jika uji normalitas tidak lolos?

Reply
avatar
December 19, 2020 at 6:31 AM delete

Kak mau tanya untuk variabel mediasi langkah langkahnya bagaimana ya?

Reply
avatar
December 30, 2020 at 12:40 PM delete

Izin bertanya, saya memiliki 4 variabel x dengan angka kecil (1-5) sedangkan variabel y angkanya besar (200-500), ketika melakukan uji normalitas selalu tidak lolos, kemudian saya mentransformasi variabel y dengan menggunakan Ln dan hasilnya lolos uji normalitas. Yang ingin saya tanyakan, apakah boleh hanya mentransformasi variabel y saja? Karena jika saya mentransformasi semua variabel hasilnya tidak normal, terima kasih 🙏

Reply
avatar
January 10, 2021 at 7:48 AM delete

Pak mau bertanya, apakah boleh data yg sudah di outlier 135 menjadi 98 lalu yg 98 di transform? Soale nya hanya saya outlier saja tidak normal, hanya transform juga tidak normal, terimakasih

Reply
avatar
January 18, 2021 at 2:40 AM delete

Very informative post ! There is a lot of information here that can help any business get started with a successful social networking campaign 먹튀사이트

Reply
avatar
February 22, 2021 at 2:59 AM delete

mas Hanif, mohon dishare sumber dari Buku/jurnal cara2 transformasi seperti itu dong

Reply
avatar
March 7, 2021 at 11:35 PM delete

Kak ada yang mau saya tanyakan mengenai teansformasi data.jika terdapat data yg negatif maka sebaiknya menggunakan transfomasi apa ya?ln/abs/sqrt/log?
Terima kasihkak

Reply
avatar
March 28, 2021 at 2:27 AM delete

Kak ada yang sy mau tanya...
Kan gini saya mempunyai 20 data yang tidak normal nah sekarang saya mau mengubahnya menjadi data normal dengan mengakarkan data yang tidak normal..
Kemudian hasilnya satuan semua.
Apakah bisa menjadi normal kak?
Mohon penjelasannya
Terimakasiih

Reply
avatar
March 28, 2021 at 7:28 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar
March 28, 2021 at 7:29 AM delete

Kak ini referensinya dari buku apa ya kak?

Reply
avatar
May 2, 2021 at 10:30 PM delete

Saya mau nanya kak, saya menggunakan 2 variabel X dan 2 Variabel Y, variabel Y salah satunya ada yang tidak normal karena data nya ada yang nilainya negatif, sedangkan semua data berasal dari website Bank, jadi itu bagaimana?

Reply
avatar
June 6, 2021 at 5:46 AM delete

Sangat disayangkan ada beberapa penjelasan yang tidak disertakan. Tapi secara keseluruhan ini artikelnya sangat berguna banget. arti mimpi

Reply
avatar
June 6, 2021 at 6:38 AM delete

Halo kak. boleh tau referensi lengkap yang kak ambil dalam mengatasi atau mengobati normalitas tersebut? terimakasih sebelumnya

Reply
avatar
June 6, 2021 at 6:38 AM delete

Halo kak. boleh tau referensi lengkap yang kak ambil dalam mengatasi atau mengobati normalitas tersebut? terimakasih sebelumnya

Reply
avatar
June 8, 2021 at 3:48 AM delete

pak sy mau tanya, sy sudah melakukan uji validitas dan reliabilitas hasilnya valid dan reliabel. lalu kok bisa pas uji normalitas data tidak normal itu alasannya kenapa ya?

Reply
avatar
June 11, 2021 at 10:28 PM delete

Halo pak, maaf saya agak bingung, jadi grafik setiap variabel saya otu berbeda beda tipe. Jadi saya harus mentransform dengan model yang mana jadi bingung pak? Apakah boleh setiap variabelnya di tranform dengan sesuai rumus bentuk grafiknya masing2? Tidak sama secara keseluruhan

Reply
avatar
June 15, 2021 at 5:17 PM delete

Pagi kak.. Mau tanya jika data tidak normal dilakukan oulier setelah melakukan outlier helum normal dilanjutkan ditransformasi bolehkah kak.. Mohon ownverahannya terima kasih

Reply
avatar
Mun
July 4, 2021 at 4:02 AM delete

Selamat sore, mohon ijin bertanya, pada peneltian korelasi dengan 2 variabel X dan 1 variabel y, kegita uji normalitas data tiap tiapa variabrl salah satu variabel X tidak berdistribusi normal. Kemudian uji normalitas dengan tiga variabel langsung dengan nilai residual, dan hasilnya normal. Apakah dapat uji hipotesis product moment ?. Terimakasih

Reply
avatar
July 14, 2021 at 2:01 PM delete

Sangat bermanfaat banget artikelnya ya mas... jangan lupa mampir ke chord gitar untuk melihat chord

Reply
avatar
July 14, 2021 at 2:03 PM delete

Psikometrika dalam melihat data sangat baik ya pak. Dalam sebuah psikotes data seperti ini sangat-sangat diperlukan bagi peserta.

Reply
avatar
July 31, 2021 at 6:55 AM delete

pak saya mau tanya, sampel penelitian sy kan sedikit < 30 . lebih baik menggunakan uji kolmogorov atau shapiro wilk pak ?
kemarin sy sudah coba pakai shapiro wilk tapi variabel y nilai sig nya < 0,05 lalu sy transformasikan, sedangkan sy coba pakai kolmogorov normal pak hasil nya
apa benar utk uji kolmogorov itu utk sampel diatas 50 pak ?

Reply
avatar
August 14, 2021 at 6:27 AM delete

Halo ka, saya mau bertanya. Apabila data sudah ditransformasi utk uji normalitas, data untuk melakukan uji korelasi dan uji regresi tetap menggunakan data asli atau data transformasi?

Reply
avatar
August 14, 2021 at 6:33 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar
August 18, 2021 at 2:49 PM delete

Kakak sama bangetttt data ku sekarang seperti itu juga. Punya kakak kemarin gimana cara mengatasinya?

Reply
avatar
August 24, 2021 at 5:56 AM delete

Apkah sudah menemukan jawabannya? Krn saya jg mengalami kendala yg sama. Butuh pencerahannya🙏🏻

Reply
avatar
August 24, 2021 at 5:58 AM delete

Halo kak, mau tanya. Apabila data normalitas ada yg tidak normal apakah masih bisa pakai regresi berganda? Terimakasih🙏🏻

Reply
avatar
ANg
September 8, 2021 at 10:35 PM delete

Terima kasih atas tulisannya mas. apakah ada cara seperti diatas jika kita menggunakan R software?

Reply
avatar
September 27, 2021 at 3:46 AM delete

Mohon maaf kak, saya juga seperti ini kasus nya kalau saya ada 37 perusahaan dari 2016-3019 jadi 37 x 4= 148,


kalau sayaa buang outliers nya saja jadi 134 kak di tabel kolmogrov nya kak, jadi tidak sama kak. Jadi saya bingung kak.

Atau jika ada outliers di satu tahun
saya harus hapus data 4tahun nya kak jadi hapus satu perusahaan. Jadi saya mengurangi sampel perusahaan saya ya kak?

Reply
avatar
September 27, 2021 at 10:30 PM delete

Izin bertanya,apakah boleh melakukan transform data sekaligus outlier???
Step 1: misalnya data yang terlalu ekstrim udah di outlier dan juga di transform compute Sqrt untuk mendapatkan normalitas ,
Step 2:
apakah masih boleh menggunakan metode cochrane orcutt salah satu metode untuk mengatasi autokorelasi di data kita?
Karena data dari awal tidak normal dan ada autokorelasi....

Reply
avatar
October 20, 2021 at 3:06 PM delete

Halo, selamat pagi. Sebelumnya maaf saya izin ingin bertanya. Data skripsi saya ga normal dan di histogram cenderung positif skewness lalu saya transformasi ke sqrt semuanya, setelah itu normal. Lalu pertanyaannya, apakah untuk uji heterokedastisitas, multikolonieritas dan autokorelasi menggunakan data yg sqrt atau kembali ke data asli ya? Terimakasih atas jawabannya, sukses selalu🙏

Reply
avatar
November 4, 2021 at 11:54 AM delete

Udah nemu jawaban blm, saya juga punya masalah yg sama

Reply
avatar
November 16, 2021 at 9:17 PM delete

Sy mau bertanya apakah ada teori yg mendukung bahwa data yg tdk bersitribusi normal itu tetap bs memakai uji parametrik, karena data tersebut hanya masuk 1 kategori sj, bahwa datanya tdk normal, sedangkan uji non par itu memiliki kategori yg datanya tdk berdistribusi normal, sampelnya dibawah 100, dan sampel yg memiliki kayegori atau dirangkingkan.

Reply
avatar
December 6, 2021 at 7:19 PM delete

Permisi pak, saya mau bertanya.. dalam penelitian saya punya 2 variable pak (uji t independen), nah itu untuk datanye belum distribusi normal pak, untuk mentranformasikannya itu untuk rumusnya apakah harus sama pak? atau menyesuaikan grafik masing2? Terimakasih..

Reply
avatar
February 19, 2022 at 1:29 AM delete

Boleh minta referensinya pak? Yang menurut pendapat mengatakan kalau sampel misal lebih dari 100 uji normalitas tidak perlu dilakukan 🙏

Reply
avatar
March 4, 2022 at 11:34 PM delete

Permisi pak jika nilainya .017 itu normal apa tidak ya? Terima kasih sebelumnya

Reply
avatar
Anonymous
April 12, 2022 at 2:30 AM delete

iya kak, izin tanya juga apabila syarat asumsi klasik tidak terpenuhi, maka regresi non parametrik yang digunakan apa ya?

Reply
avatar
Anonymous
May 13, 2022 at 8:43 PM delete

Halo kak, saya juga izin bertanya. Permasalahan saya juga hampir sama dengan teman-teman diatas. Jadi saya sedang melakukan analisis multivariat, asumsi yang harus terpenuhi yaitu variabel Y nya harus berdistribusi normal multivariat. Tetapi ternyata data saya tidak normal berbagai uji yang saya lakukan tetap saja tidak normal, saya berusaha untuk tidak melakukan transformasi dikarenakan transformasi sangat sensitif dan merubah keaslian data. Kemudian saya cek outlier nya ternyata ada cuman saya juga tidak berniat menghapus nya karena data itu sesuai dengan di lapangan takutnya merubah hasil analisis nya nanti. Tetapi saat saya menguji normal multivariat nya dengan menggunakan jarak mahalanobis itu sudah bisa dikatakan normal karena sudah melebihi 50% data yg sesuai dgn uji signifikansi nya. Namun dengan menggunakan uji royston, mardia dll yg ada di sintaks R semua hasil nya tidak berdistribusi normal. Sampel yang saya gunakan lebih dari 3 ribu kak. Apakah betul saya bisa menggunakan hasil visualisasi saja untuk mengecek kenormalan nya tanpa harus menggunakan uji yg lainnya, atau gimana kak?

Reply
avatar
June 17, 2022 at 10:00 PM delete

Saya mau tanya
Jika sudah melakukan transformasi data , dan sudah Membuang outliers tapi hasil data tetap tidak berdistribusi normal , bagaimana ya pak solusinya ?? Mohon dijawab pak , saya sedang mengalami permasalahan ini.
Terimakasih

Reply
avatar
Anonymous
August 5, 2022 at 3:46 AM delete

Permisi pak apakah kalau data tidak normal, penelitiannya boleh dilanjutkan?... terimakasih

Reply
avatar
December 16, 2022 at 12:40 AM delete

Mohon maaf izin bertanya pak, jika sudah dilakukan transformasi dan hapus outliers tapi data masih tidak bormal, solusinya bagaimana ya?

Reply
avatar
Anonymous
January 20, 2023 at 6:21 AM delete

Iya pak kasi refenrensinya

Reply
avatar
March 3, 2023 at 12:26 AM delete

Pg สล็อต เว็บตรง ทาง เข้า เล่น เล่น พีจีสล็อต ที่ครอบครองใจคนทั่วทั้งประเทศสูงที่สุด เพราะว่ามีเกมออนไลน์จากค่ายชั้นหนึ่งมากมายก่ายกอง ให้เลือกเล่นพนันบนเว็บไซต์ไซต์

Reply
avatar
Anonymous
March 25, 2023 at 6:10 AM delete

Transformasi data apakah hanya digunakan untuk uji asumsi klasik saja? Kalau seperti analisis regresi liner berganda variabelnya menggunakan data asli?

Reply
avatar
March 29, 2023 at 4:21 PM delete

Permisi mau tanya, apabila kita ada 2 variabel numerik dan keduanya tidak terdistribusi normal, lalu masing² dilakukan transformasj data... sedangkan di atas dikatakan apabila mau dilakukan uji linear, maka variabel lainnya juga harus ditransformasi... apakh artinya data saya harus 2 kali transformsi? Transformasi pertama untuk menyesuaikan dgn grafik skewness dan trans ke 2 menggunakan rumus variabel satunya

Reply
avatar
May 25, 2023 at 1:10 AM delete

pak kalo data sudah di transformasi selanjutnya data tsb bisa olah pakai anova dan uji lanjut sprt biasa ya pak?

Reply
avatar
Anonymous
June 5, 2023 at 11:06 AM delete

Jika data sudah normal, untuk pengujian selanjutnya apakah pakai data residual yg sudah normal atau pakai data awal ya pak?

Karena jika pakai data residual yang sudah normal variabel dummy saya hilang, karena saat pakai uji KS saya pakai rumus LN karena data saya ada yang minus

Reply
avatar
Anonymous
June 9, 2023 at 2:37 AM delete

Permisi mau tnnya pak,kan data nya udah kita tranformasi,jadi hasilnya ttp nggk berhubungan,apakah boleh data yang sidah kita tranform it diubah ubah angkanya pak supaya berhubungan hasilnya

Reply
avatar
January 20, 2024 at 9:12 PM delete

"Assassination Classroom" is a Japanese manga and anime series created by Yūsei Matsui. The manga was serialized in Shueisha's "Weekly Shōnen Jump" magazine from July 2012 to March 2016, and the anime adaptation aired from January 2015 to June 2015. The series has gained popularity for its unique blend of genres, including action, comedy, and science fiction.

bluestacks 5 offline installer

Reply
avatar
February 11, 2024 at 2:10 AM delete

Permisi mau tnnya pak,kan data nya udah kita tranformasi,jadi hasilnya ttp nggk berhubungan,apakah boleh data yang sidah kita tranform it diubah ubah angkanya pak supaya berhubungan hasilnya

DirectX 9, 10, 11.2, 12 Offline Installer

macOS Monterey 12.7 DMG File MediaFire

Reply
avatar
Ketika kita hendak melakukan analisis statistik parametrik, seperti melakukan uji korelasi product moment, salah satu asumsi yang harus dipenuhi adalah distribusi data kita normal. Oleh karena itu sebelum melakukan analisis statistik parametrik, terlebih dahulu kita harus melihat apakah data kita terdistribusi normal atau tidak. Bagaimana cara untuk melihat data kita normal atau tidak? Berikut akan diberikan contoh penelitian fiktif tentang “Hubungan antara IQ dengan prestasi”. Data fiktif dapat didownload di sini


Uji Normalitas di SPSS
Sebelum menguji hipotesis kita yakni “ada hubungan antara IQ dengan prestasi”, maka kita uji terlebih dahulu normalitas data IQ dan prestasi kita. Ada berbagai cara untuk menguji normalitas di SPSS, seperti dengan melihat histogram dan nilai skewness dan kurtosis serta dengan uji kolmogorov-smirnov.  Contoh kali ini kita akan menggunakan uji kolmogorov-smirnov. Uji normalitas dengan kolmogorov-smirnov dilakukan dengan membandingkan distribusi empirik data kita dengan distribusi normal yang diharapkan. Karena merupakan uji beda, maka nilai p yang diharapkan adalah yang tidak signifikan, yakni p>0,05. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara kedua distribusi itu, yang berarti distribusi data empirik kita adalah normal. Untuk menguji normalitas di SPSS dapat dilakukan dengan cara
1.      Klik analyze – descriptive statistics – explore
2.      Masukkan variabel IQ dan prestasi ke dependent list
3.      Klik plots, lalu centang histogram dan normality plots with tests
4.      Klik continue lalu OK


Dari output tersebut dapat kita lihat, variabel IQ memiliki nilai kolmogorov-smirnov sebesar 0,53 dan p=0,200 (p>0,05), dengan demikian tidak ada perbedaan antara distribusi empirik data kita dengan distribusi normal ideal, oleh karena itu distribusi data variabel IQ normal. Sedangkan pada variabel prestasi memiliki nilai kolmogorov-smirnov  sebesar 0,105 dan p=0,027 (p<0,05), dengan demikian ada perbedaan antara distribusi empirik data kita dengan distribusi normal ideal, oleh karena itu distribusi data variabel prestasi tidak normal. Lalu bagaimana kita memperlakukan data yang tidak normal kita? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi data yang tidak normal tersebut.

Membuang outliers
Salah satu alasan mengapa data kita tidak normal adalah adanya outliers. Outliers adalah data yang memiliki skor ekstrem, baik ekstrem tinggi maupun ekstrem rendah. Adanya outliers dapat membuat distribusi skor condong ke kiri atau ke kanan. Beberapa ahli menilai data outliers ini lebih baik kita buang, karena ada kemungkinan subjek mengerjakan dengan asal-asalan, selain itu adanya data outliers juga mengacaukan pengujian statistik. Namun beberapa ahli tetap mendukung bahwa data outliers tetap harus dimasukkan dalam analisis karena memang fakta di lapangan adalah demikian. Dalam kasus ini, kita akan membuang outliers yang dapat mengacaukan data kita, sehingga diperoleh distribusi yang normal.

Untuk melihat data outliers, kita dapat melakukannya di output kita tadi pada bagian Boxplot. Hasil output boxplot data kita dapat dilihat pada gambar di bawah.

Gambar tersebut mengindikasikan data-data mana saja yang terindikasi merupakan data ekstrem atau outliers.  Jika data berada di atas kotak, menunjukkan data ekstrem tinggi, sedangkan jika berada di bawah kotak menunjukkan data ekstrem rendah. Semakin jauh dari kotak, semakin ekstrem data tersebut. Dari output di atas kita dapat melihat bahwa subjek nomer 2 terindikasi sebagai outliers. Untuk menghapus data subjek, klik kanan pada nomer subjek, lalu pilih clear.

Jika outliers tersebut telah kita hapus, maka kita uji kembali normalitas data kita dengan kolmogorov-smirnov. 

Hasil uji kolmogorov-smirnov yang baru ditunjukkan gambar di bawah.
Hasil uji kolmogov-smirnov yang baru pada variabel prestasi ternyata menghasilkan nilai kolmogorov-smirnov sebesar 0,097 dan p=0,61 (p>0,05). Dengan demikian distribusi data variabel prestasi normal. Begitu juga pada variabel IQ yang memiliki p>0,05, sehingga variabel IQ juga terdistribusi normal. Dengan demikian masalah ketidaknormalan data kita sudah teratasi.

Transformasi Data
Jika beberapa ahli tidak setuju dengan cara menghapus data-data ekstrem, cara lain yang bisa ditempuh adalah dengan transformasi data. Transformasi data dilakukan dengan mengubah data kita dengan formula tertentu tergantung dari bentuk grafik kita. Sebelum melakukan transformasi data, kita harus tahu terlebih dahulu bagaimana bentuk grafik kita. Cara melihat grafik data kita adalah dengan cara 
1.      Klik analyze – descriptive statistics – frequencies
2.      Masukkan variabel prestasi dan pilih menu chart, pilih histogram dan centang show normal curve on histogram.
3.      Klik continue dan OK, maka akan diperoleh output seperti berikut.
Grafik tersebut menggambarkan kurve kita condong ke kanan. Beberapa kemungkinan grafik yang akan muncul adalah sebagai berikut.
Sumber gambar: http://i-codee.blogspot.co.id

Panduan transformasi data berdasarkan bentuk grafik dapat dilihat di tabel di bawah.
Bentuk Grafik Histogram
Bentuk Transformasi Data
Moderate positive skewness
SQRT(x)
Substansial positive skewness
LG10(x)
Severe positive skewness
1/x
Moderate negative skewness
SQRT(k-x)
Substansial negative skewness
LG10(k-x)
Severe negative skewness
1/(k-x)
k = nilai tertinggi dari data mentah x

Jika kita kembali ke data kita dan melihat grafik histogram kita, maka bentuk grafik kita adalah moderate negative skewness, sehingga transformasi data yang kita pakai adalah SQRT(k-x). K adalah nilai tertinggi dari data mentah variabel prestasu, yakni 86. Untuk mentransformasi data, kita dapat melakukan langkah berikut
1.      Klik transform – compute variable. 
2.      Pada kotak target variable, kita ketik nama variabel baru kita, misal trans_prestasi
3.      Pada numeric expression, masukkan formula kita yakni SQRT(86-prestasi)
4.      klik OK
Kembali lagi ke data kita, maka kita sudah memiliki variabel baru bernama trans_prestasi yang tidak lain adalah transformasi data dari variabel prestasi.  

Untuk melihat apakah transformasi data kita berhasil atau tidak, kita uji kembali normalitas data kita dengan kolmogorov smirnov.
Dari hasil uji kolmogorov-smirnov, diperoleh p>0,05, sehingga dapat dikatakan bahwa variabel transformasi prestasi ini terdistribusi secara normal.

Catatan mengenai transformasi data:
·       Transformasi  data tidak hanya dapat digunakan untuk mengatasi ketidaknormalan data, tapi juga dapat digunakan untuk mengatasi pelanggaran asumsi lainnya, seperti lineraritas dan homogentitas varians pada uji beda. Meskipun umum digunakan, namun penggunaan transformasi data sendiri juga tidak lepas dari pro dan kontra. Beberapa diskusi terkait dapat dilihat di sini
·      Jika transformasi data dilakukan, maka data yang ditampilkan dalam laporan kita tetaplah data asli. Namun data yang digunakan untuk uji statistik parametrik menggunakan data transformasi.
·      Jika uji statistik dilakukan untuk mengkorelasikan dua atau lebih variabel, maka setiap variabel juga harus ditransformasikan dalam bentuk yang sama. Artinya, dalam contoh di atas, variabel IQ juga harus ditransformasi ke bentuk SQRT(k-IQ).

Mengubah Analisis ke Non-Parametrik
Cara terakhir jika dengan menghapus outliers dan mentransformasi data kita belum berhasil adalah dengan mengubah teknik analisis kita ke analisis non-parametrik. Analisis non-parametrik tidak memerlukan asumsi normalitas seperti yang diperlukan pada analisis parametrik. Meskipun demikian, power test analisis non-parametrik ini tentu lebih lemah jika dibandingkan dengan analisis parametrik. Beberapa teknik analisis pengganti analisis parametrik disajikan dalam tabel di bawah ini.
Analisis Parametrik
Analisis Non Parametrik
Fungsi
Paired sample t-test
Uji tanda
Uji  Wilcoxon
Meneliti perbedaan dalam  suatu kelompok
Independent sample t-test
Uji Mann-Whitney U;
Membandingkan dua sample bebas
Anava satu jalur
 Kruskal-Wallis
Membandingkan tiga kelompok atau lebih
Anava dua jalur
Anava dua jalur Friedman
Membandingkan tiga kelompok atau lebih dengan menggunakan dua faktor yang berbeda
Korelasi Pearson
Korelasi peringkat Spearman
Mengetahui hubungan korelasi linier antara dua perubah

Update!
Sebelum menjudge data kita tidak normal, ada baiknya membaca artikel ini dulu. Cara menguji normalitas yang benar ada di situ.


182 comments

  1. Saya mau tanya,dengan mentransformasi data apakah nilai n ajan berubah?soalnya saya pnya data fgn nilai n=125 sya trnformasi dgn spss dlm bentuk LN nilai n jd berubah 74,mohon pencerahan,trimakasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya transformasi data tidak mengubah jumlah responden

      Delete
    2. Bagaimana jika setelah transformasi data dengan SQRT nilai N berubah dan tidak sama/berbeda apa bisa di perbaiki?

      Delete
    3. Bapak, saya ingin bertanya. saya memiliki 300 data yang saya ambil menggunakan survei online, setelah uji normalitas,terdapat 20 data outliers, apakah saya dapat menghapus 20 data tersebut atau ada maksimal data yg dihapus? misalnya hanya boleh menghapus 10.. terimakasih..

      Delete
    4. Apakah datanya ada yang nilainya negatif? Beberapa transformasi tidak bisa dilakukan pada data negatif, termasuk SQRT, hal itu akan menimbulkan missing di data. Coba transformasi lain

      Delete
    5. Sebenarnya tidak ada batas maksimal menghapus, hanya saja kalau sapel terlalu kecil juga tidak baik. Kalau data 300, dihapus 20 masih 280, itu masih cukup baik. Hanya saja saran saya, coba menghapus bertahap, mulai dari yang sangat ekstrem terlebih dahulu

      Delete
    6. Iya pak data saya ada yg bernilai negatif, bagaimana ya pak solusi nya untuk hal tersebut, selain Sqrt sy harus menggunakan apa agar N valid nya tidak berubah, kalau menggunakan Ln dan Log masih belum normal, trimakasih...

      Delete
  2. Saya mau tanya, hasil output nya setelah ditransformasi data kog one sample kolmogrov-smirnov test cannot be performed, itu letak kesalahannya dimana ya pak,, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf, pertanyaan kurang spesifik, saya belum bisa bantu

      Delete
    2. Pak data saya tifak normal meskpun d uji berulang kali saya sudah mnggunakan cara mnggunakan sqrt dan cara uji normalitas tpi msih tetep tidak normal , bagamaina ya pak cra mengatasinya

      Delete
    3. Sebenarnya tidak semua analisis memerlukan uji normalitas data mentah. Misal kalau analisis regresi, yang diuji normalitas adalah residunya. Beberapa pendapat mengatakan kalau sampel besar (misal > 100) uji normalitas tidak perlu dilakukan. Tapi kalau memang sampel kecil dan memang asumsi tidak terpenuhi, lebih baik pakai analisis lain (dengan non parametrik)

      Delete
    4. Boleh minta referensinya pak? Yang menurut pendapat mengatakan kalau sampel misal lebih dari 100 uji normalitas tidak perlu dilakukan 🙏

      Delete
    5. Iya pak kasi refenrensinya

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Mau tanya, boleh gak kalau kita mentransformasi data sebanyak dua kali atau lebih? Soalnya punya saya banyak angka negatifnya jadi saya kuadratkan lalu saya Ln kan lagi, apakah itu tidak masalah?

    ReplyDelete
  5. Mau tanya, kalo udah melakukan transform data apa harus diulang lagi uji validitas dan uji reliabel dan analasis data nya? Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak perlu. Transformasi hanya untuk uji hipotesisi agar memenuhi asumsi dari analisis

      Delete
    2. pak kalo data sudah di transformasi selanjutnya data tsb bisa olah pakai anova dan uji lanjut sprt biasa ya pak?

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Teromakasih. Sangat membantu.. Di sini saya ingin meminta buku referensi atau dasar dari outlier boxplot. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Referensi terkait outliers, boxplot, dan scatterplot bisa dilihat di buku Andy Field: Discovering statistics using SPSS. Buku bisa didownload di halaman download

      Delete
  8. Saya mau tanya, hasil output nya kolmogrov-smirnov bisa tidak ada di tabel ya hanya ada test statistic dan Asymp. Sig (2-tailed)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak dini. Permasalahan kita sama. Jadi gimana dgn kolmogorov tdk ada kak. Saya jg tidak ada kolmogrov nya malah test statistic katanya

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Assalamjalaikum
    Saya menggunakan analis. Reg sederhana dengan 3 var Y dan 1 X. Data x tidak terdistribusi normal dan sudah di transformasi. Uji autokorelasi sya pun harua menggunakan cochrane orcutt. Untuk selanjutnya uji t, F, dan regresi sederhana data mana yg harua saya gunakan? Dari transformasi uji normal atau uji cochrane orcutt. Terimakasih

    ReplyDelete
  11. mau nanya, kan kalo misal data berdistribusi normal maka memakai nilai Mean.
    nah kalo data yg tdk berdistribusi normal itu pake apa ya ? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf saya kurang paham dengan pertanyaannya. Tapi baik itu normal atau tidak, lebih baik gunakan skor mentah, baru kemudian bisa ditransformasikan dll kalau diperlukan

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Mau tanya, nilai yang dilihat pada kolom kolmogrov smirnov jika data terdistribusi normal yang mana ya, nilai sig atau nilai statistic?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk melihat normal atau tidaknya kalau di SPSS langsung lihat sig nya saja. Data normal kalau sig nya > 0,05

      Delete
    2. Permisi pak apakah kalau data tidak normal, penelitiannya boleh dilanjutkan?... terimakasih

      Delete
  14. Kak saya mau bertanya, apakag analisis regresi logistik merupakan analisis unutk data nonparametrik?
    jika boleh selain itu apa saja ya kak untuk uji regresi nonparametrik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Regresi logistik itu untuk memprediksi variabel terikat yang berskala dikotomi (misal: Ya dan Tidak). Regresi nonparametrik salah satuny adalah dengan Kernel Regression yang bisa dianalisis dengan software R

      Delete
    2. Assalamualailum, maaf pa saya mau nanya. Saya kan udah di transform terus di LN tetep hasilnya ada yg kosong di sqrt juga tetep aja. Itu gimana ya pa solusinya?

      Delete
    3. Sama ini pa, udah saya coba outlier datanya dibuang2in pas saya uji lagi itu tetep aja hasilnya tidak normal masih 0,00 kalo kaya gitu kenapa ya pa? Butuh banget informasinya terimakasih

      Delete
    4. Kakak sama bangetttt data ku sekarang seperti itu juga. Punya kakak kemarin gimana cara mengatasinya?

      Delete
    5. iya kak, izin tanya juga apabila syarat asumsi klasik tidak terpenuhi, maka regresi non parametrik yang digunakan apa ya?

      Delete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak mau bertanya,data saya ada 40 setelah saya uji normalitas ternyata di KS tidak normal, signya 0.000. Lalu saya transformasi data tsb ke Ln dan data N saya berubah jadi 33 dan data KS normal dengan sig 0.200, apakah tidak apa2 kalau saya menggunakan data yg sudah di transformasi yg penting data tersebut masih lebih dari 30? Tlg di jawab ya kak, terima kasih..

      Delete
    2. Apakah datanya ada yang nilainya negatif? Beberapa transformasi tidak bisa dilakukan pada data negatif, termasuk LN, hal itu akan menimbulkan missing di data. Coba transformasi lain kalau memungkinkan, atau ubah ke bentuk T-score agar menghasilkan nilai yang positif

      Delete
    3. Pak saya mau tanya..data saya ada yg negatif setelah saya lakukan transformasi data, data yg negatif itu hilang sendiri,,bagaimana caranya mengubah data yg negatif menjadi positif seperti yg bapak bilang diatas dalam bentuk T-score?

      Delete
    4. https://www.semestapsikometrika.com/2017/09/mengubah-skor-ke-bentuk-skor-standar-di.html

      Delete
  16. Halo, saya mau bertanya. Apabila data sudah ditransformasi utk uji normalitas, data untuk homogenitas dll tetap menggunakan data asli atau data transformasi?

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Assalamualaikum mas saya mau tanya... saya kan mneliti data di Bursa efek dg 33 lap keuangan dg waktu 3th jdi data saya kan ada 99, stelah saya uji normalitas nilai KS tdak terdistribusi dengan normal. Lalu apa boleh saya ambil nilai rata2 dr 99 data menjadi 33 data setelah itu saya mentransformasikan ke LN... Mohon pencerahannya. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung tujuan penelitiannya. Kalau memang itu dirasa tidak menyimpang dari tujuan silakan. Tapi saran saya, mungkin justru bisa dipakai saja 1/2 tahun yang datanya bisa dianalisis. Atau coba lakukan langkah-langkah di atas utk menormalkan data. Alternatif terakhir, gunakan statistik non-parametrik

      Delete
  19. Pak saya mau tanya saya ini ada 4variabel salah satu variabel saya adalah variabel dummy . Data saya sekunder . Gak normal2 pak data saya udah saya pake segala cara atau saya ada yg salah ya? Tolong pak pencerahan nya pak

    ReplyDelete
  20. Salam.
    Mohon maaf pak saya ingin bertanya. Di bagian Catatan Mengenai Transformasi Data, disebutkan bahwa jika salahsatu variabel dilakukan transform dengan, misal SQRT, maka variabel yang lainnya uga harus dilakukan transform SQRT. Yang ingin saya tanyakan, jika grafik histogram yang ditunjukkan dari setiap variabel berbeda, apakah trnasformasi yang dilakukan tetap sama ya Pak?
    Mohon arahannya. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tetap harus dengan transformasi yg sama

      Delete
    2. Berarti walaupun berbeda hasil Skewness nya (ada yang positive skewness dan ada yang negative skewness) tetap harus di transform dengan calculation transform yang sama ya pak?

      Dan ada lagi yang ingin saya tanyakan Pak. Jika dari keseluruhan variabel independen, hanya 1 variabel independen saja yang saya transform, apakah boleh ya Pak?

      Terima kasih

      Delete
    3. Tidak, sekali anda melakukan transform, seluruh variabel lain yang dikorelasikan juga harus ditransform dengan transformasi yang sama

      Delete
    4. Oh begitu, baik Pak.

      Maaf pak ada 1 lagi pertanyaan, tapi agak sedikit keluar dari materi yang bapak sampaikan di laman ini, namun saya mohon bantuan pencerahannya pak. Ini tentang Outlier pak

      Saya sedang meneliti menggunakan analisis regresi logistik, pada 60 bank dalam waktu 7 tahun dengan 7 variabel. Namun ada di salahsatu uji yang tidak lolos, yaitu Hosmer and Lemeshow Test. Saya mencoba mencari nilai Zscore nya untuk mengetahui apakah ada outlier, ternyata ada. Yang ingin saya tanyakan, dari data outlier tersebut, jika yang terkena outlier adalah pada Bank A pada tahun 2011, namun pada tahun 2012 Bank A tidak terkena outlier, apakah saya harus menghapus keseluruhan data dari Bank A (dari 2011 hingga 2017) atau hanya menghapus di tahun dimana Bank A terkena outlier (hanya di 2011)?

      Mohon pencerahannya Pak. Terima kasih banyak.

      Delete
    5. Mohon maaf kak, saya juga seperti ini kasus nya kalau saya ada 37 perusahaan dari 2016-3019 jadi 37 x 4= 148,


      kalau sayaa buang outliers nya saja jadi 134 kak di tabel kolmogrov nya kak, jadi tidak sama kak. Jadi saya bingung kak.

      Atau jika ada outliers di satu tahun
      saya harus hapus data 4tahun nya kak jadi hapus satu perusahaan. Jadi saya mengurangi sampel perusahaan saya ya kak?

      Delete
  21. Mohon maaf, apa ada jurnal atau buku terkait pembahasan ini pak... Mohon informasi nya pak, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pembahasan ini disarikan dari berbagai sumber, tapi saya banyak mengacu pada buku Andy Field, Discovering Statistics Using SPSS. Ebook nya bisa didownload di halaman download

      Delete
  22. KA mau tanya tp banyak hehe boleh minta email nya gak?

    ReplyDelete
  23. Ada yang bisa bantu, bagaimana bila sampel yang di gunakan itu 3 sampel. Sedangkan untuk uji non parametric sendiri biasanya ada 2 sampel saja. Pakai apa yah uji normalitas non parametric tapi dg 3 sampel?

    ReplyDelete
  24. Assalamualaikum, pak izin bertanya apa penyebabnya saat menguji dg Uji Mann Whitney " Mann Whytney Test cannot be performed on empty groups". Pdhl skala variabel sudah numerik . Terimkasih

    ReplyDelete
  25. assalamualaikum
    saya mau bertanya.. penelitian sy ada 3 variabel x dan 1 variabel y
    dua variabel tidak normal
    setelah saya transform dgn cara Log(sesuai variabel),, hasil menunjukan yang 1 variabel mau normal tetapi yang satu tudak mau normal
    mohon pencerahannya pak
    boleh jawabannya dikirim via email [email protected]
    terimakasih atas waktunya pak

    ReplyDelete
  26. Pak, sy mau tanya. Kalau data nya setelah di coba dengan ln dan outlier masih tidak normal ada cara yg lain tidak?

    ReplyDelete
  27. halo kak, saya mau tanya ini sumber nya darimana ya? atau ada buku atau jurnal untuk referensi?? Terima kasihh

    ReplyDelete
  28. Mohon bantuannya gan, ane sudah transformasi data SQRT tapi kok masih ga normal aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dengan transormasi yang lain. Jika masih belum berhasil, coba cara yang saya jelaskan di artikel ini. Kalau tetep belum bisa, gunakan statistik non-parametrik

      Delete
  29. ka, saya mau tanya. Min pengambilan sampel saya adalah 400 responden. dan saat ini saya dapat 412 responden, dan hasilnya tidak normal nilai p mendekati signifikansi 0.000c, lalu saya membuang outlier hingga 5 kali akhirnya saya dapat nilai normal, namun sampel saya menjadi 374. Apakah data ini bisa saya pakai? atau saya harus tetap mencapai 400 responden?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak menyambung pertanyaan ini, setelah di logaritma natural dah diuji normalitas data saya berkurang,nah data yang hilang apakah bisa dicari? Kalo bise dengan cara apa? Mohon dijawab terima kasih

      Delete
    2. Saran saya tidak usah ditransformasi, transformasi tidak selalu cocok untuk semua data. Jika sampel banyak, gunakan metode visual saja untuk melihat normalitas. Jika sendikit dan memang tidak normal, gunakan statistik non-parametrik

      Delete
  30. terimakasih banyak, sangat membantu, semoga ilmunya terus bermanfaat untuk orang lain dan Allah balas dengan banyak kebaika.

    ReplyDelete
  31. Pak kalau grafik nya condong nya tengah", jadi ga ke kiri ga ke kanan dia tengah" pake ketentuan yg mana ya? Di atas ga ada yg tengah. Data saya soalnya ga normal tapi grafiknya condong di tengah"

    ReplyDelete
  32. Pak kalau datanya ada yang negatif pakai tranformasi yang mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Transformasi sebaiknya disesuaikan dgn bentuk kurvanya, menceng kemana. Kalau ada data yg negatif bisa dibuat positif dulu dgn diubah ke bentuk T-score atau skor terstandar lainnya

      Delete
  33. pak, maaf transformasi yang bisa digunakan untuk variabel yang mengandung data bernilai negatif yang mana ya? terimakasih atas responnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Transformasi sebaiknya disesuaikan dgn bentuk kurvanya, menceng kemana. Kalau ada data yg negatif bisa dibuat positif dulu dgn diubah ke bentuk T-score atau skor terstandar lainnya

      Delete
  34. kaa.. maaf mau bertanya.. apabila data ternyata yang kita dapat berdistribusi tidak normal sudah kita coba ubah ubah tetapi hasilnya tetap data yang tidak berdistribusi dengan normal, apakah bisa tetap di pakai ka?

    ReplyDelete
  35. Kaa.. maaf mau tanya.. jika data yang kita peroleh awalnya berdistribusi tidak normal dan setelah di perbaiki pun tetap berdistribusi tidak normal apakah tetap bisa di lanjutkan pengolahan datanya ka?


    Dan jika jawabannya boleh.. berarti jika melanjutkan pengolahan data yang tidak berdistribusi normal ini menggunakan jenis nonparametrik?

    ReplyDelete
  36. Itukan pakai sqrt transformasinya,apakah untuk variabel lainnya menggunakan sqrt juga atau hrs melihat bntk grafik dlu untuk mentransformasinya?

    ReplyDelete
  37. tukan pakai sqrt transformasinya,apakah untuk variabel lainnya menggunakan sqrt juga atau hrs melihat bntk grafik dlu untuk mentransformasinya?

    ReplyDelete
  38. pak ini ada sumber literaturnya? kalo ada boleh minta sumbernya? terima kasih. artikel yang bagus dan sangat membantu..

    ReplyDelete
  39. Halo saya mau tanya kan saya sudah transform data lalu untuk analisis regressionnya pakai data me tah apa yg detelah d transform ya?

    ReplyDelete
  40. Pak, saya mau nanya. Data saya merupakan data sekunder yang di peroleh dari laporan keuangan dengam mendownload di Bursa Efek Indonesia. Adapun jumlah sampel saya (n) sebanyak 84. Nah ketika saya melakukam uji asumsi klasik salah satunya di uji normalitas. Uji normalitas itu dasar keputusannya ada 2 yaitu uji grafik dam statistik. Permasalahan disaat saya mengolah data itu ketika saya melakukan uji normalitas dengan uji statistik, dimana uji KS tidak terdistribusi dengan normal. Ketika saya LN kan malah makin ga bagus. Itu menurut bapak gimana ya ? Terimakasih. Mohon di jawab yaa😊

    ReplyDelete
  41. Pak saya mau nanya..apakah transformasi data hanya berlaku untuk kolmogorov pak? Bagaimana dengan shapiro wilk pak jika datanya tidak normal dan mau dinormalkan untuk shapiro wilk pakai apa pak? Mohon penerangannya pak.terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudahkah nemu solusi ? Saya juga ngalami hal sama kak . Butuh pencerahan

      Delete
  42. Kak mau tanya. Saya menggunakan ujì normalitas menggunakan Kolmogrof sminorv. Jika kelanjutan teori, jika distribusi tabel tersebut tidak normal menggunakan uji apa ?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apkah sudah menemukan jawabannya? Krn saya jg mengalami kendala yg sama. Butuh pencerahannya🙏🏻

      Delete
  43. Maaf ka
    Saya menguji data saya
    Item pertanyaannya 10,8,4,3
    Namun data tidak berdistribusi normal. Masalahnya dimana ya ka ?

    ReplyDelete
  44. Sebenarnya tidak ada batas maksimal menghapus, hanya saja kalau sapel terlalu kecil juga tidak baik. Kalau data 300, dihapus 20 masih 280, itu masih cukup baik. Hanya saja saran saya, coba menghapus bertahap, mulai dari yang sangat ekstrem terlebih dahulu
    pak jika data SAYA memiliki kASUS SEPERTI PERTANYAAN DIATAS . KEMUDIAN JIKA DATA SAYA TIDAK NORMAL BAGAIMANA MELANJUTKAN KE TAHAP SELANJUTNYA. UNTUK JAWABANNYA TERIMA KASIH PAK.

    ReplyDelete
  45. Mau nanya kan katanya K = nilai tertinggi data mentah (25) terus kenapa waktu di masukin ke rumus jadi (86-prestasi) bukan (25-prestasi)? Mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  46. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  47. Gan saya kan udah transformasi data nih dengan berbagai pilihan, tapi masih belum normal juga. Saya pernah denger misal pake transformasi log10 bisa dicoba juga ditambahkan dengan angka dibelakangnya, contoh LG10(DATA + 1), atau LG10(DATA + 2), dst... sampai didapatkan data normal. betul gak?

    Pertanyaan kedua, kalau data sudah ditransformasi dan masih tidak normal apakah boleh dihilangkan outlier pada data yang sudah ditransformasi tsb? Soalnya kalo menghilangkan outlier pada data asli hasilnya tetap tidak normal.

    ReplyDelete
  48. Kak saya mau tanya, kalo uji validitas dan reliabilitas apakah datanya harus di tranaformasikan dulu atau tidak usah pun gapapa?
    Teimakasih

    ReplyDelete
  49. Selamat pagi. Ketiga pilihan yang disampaikan, yaitu membuang outlier, transformasi, dan mengubah analisis tsb sifatnya berurutan atau kita bisa langsung memilih salah satu? Contohnya: karena kesulitan mentransformasi data maka cara yang dipilih adalah mengganti model analisis. Terima kasih, sukses selalu :)

    ReplyDelete
  50. kak sy mw tanya 86 itu dpt darimana. soalx saya liat kembali ke data view variabel prestasi g ad datax yg 86. terimakasih bnyk. smg dijawab

    ReplyDelete
  51. Maaf pak mau nanya,buku yang membahas tentang cara menormalkan data ini apa ya pak???

    ReplyDelete
  52. di data spss, N nya 484 tp pas di regres, N nya ko jadi 480 ya?

    ReplyDelete
  53. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  54. Maaf pak mau tanya kalo menggunakan uji outlier menjadi normal tp terjadi multikolinearitas bagaimana ya pak?

    ReplyDelete
  55. Kaya mana cara mengatasi analisis regresi linier berganda yang hasil nya sig nya itu lebih besar dari hasil f dan.. Nilai x1 x2 ny itu lebih kecil dari nilai eror nya.. Dan hasil nya pun negatif..??

    ReplyDelete
  56. mohon maaf pak, saya mau bertanya data saya tentang laporan keuangan yang bernilai negatif. dan tidak terdistribusi normal. kalau mau transform data pakaai transform data jenis apa yah pak ?

    ReplyDelete
  57. Selamat malam pak.
    Saya mau tanya kalau hasil pada unstandardized coeficien kolom B negatif. Cara untuk biar positif gimana ya pak.

    ReplyDelete
  58. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  59. selamat malam pak mau bertanya nilai K dari mana ya pak,terima kasih

    ReplyDelete
  60. saya ingin menegtahui referensi yang digunakan dari yang tertera diatas tentang "Transformasi data tidak hanya dapat digunakan untuk mengatasi ketidaknormalan data, tapi juga dapat digunakan untuk mengatasi pelanggaran asumsi lainnya, seperti lineraritas dan homogentitas varians pada uji beda." sekiranya bisa dilampirkan referensinya terimakasih.

    ReplyDelete
  61. Mohon maaf saya mau bertanya, saya kan baru belajar mengenai spss dan data yg saya masukkan tidak normal, kemudian apa yang harus di ganti biar normal, karena data yang saya gunakan sudah sesuai dengan data asli. Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  62. Mohon maaf pak saya mau bertanya, data saya tidak normal mengenai zscore, yang digunakan untuk uji regresi itu variable yg telah di transform ke zscore atau bukan ya pak? Terimakasih

    ReplyDelete
  63. Assalamualailum, maaf pa saya mau nanya. Saya kan udah di transform terus di LN tetep hasilnya ada yg kosong di sqrt juga tetep aja. Itu gimana ya pa solusinya?
    Oh iya pa, saya juga udah coba outlier data yg dihapus hapusin itu kan nanti sampel nya berkurang. Pas saya uji lagi malah tetep masih gak normal kenapa ya pa itu? Mohon pencerahannya dan informasinya pa terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah nemu jawaban blm, saya juga punya masalah yg sama

      Delete
  64. Saya mau tanya, cara dapat nilai K pada saat ingin normalisasi moderate negative skewness gimana ya? lihat nilai K nya dimana, trims

    ReplyDelete
  65. Pak maaf mau nanya, jika data sudah di transformasi dan datanya sudah berdistribusi normal, untuk melanjutkan uji korelasi dan regresi menggunakan data asli atau yang sudah di transformasi ya pak? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika transformasi data dilakukan, maka data yang ditampilkan dalam laporan kita tetaplah data asli. Namun data yang digunakan untuk uji statistik parametrik menggunakan data transformasi

      Delete
  66. Saya mau tanya pak, kalau untuk transformasi data apa bolrh menggunakan sqrt(X+1) dan kalau boleh buku mana yang bisa mendukung ini pak? Terimakasih

    ReplyDelete
  67. Saya mau Tanya pak, kalo ada data yg nilai nya 0 apa bisa di sqrt? Atau harus pakai Ln?

    ReplyDelete
  68. Selamat pagi, saya mau bertanya setelah data diotlier kan data dihapus. untuk uji selanjutnya apa tetap menggunakan data asli atau data yang sudah dihapus (karena outlier) tersebut?
    terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika transformasi data dilakukan, maka data yang ditampilkan dalam laporan kita tetaplah data asli. Namun data yang digunakan untuk uji statistik parametrik menggunakan data transformasi

      Delete
  69. Mbak mau bertanya saya juga sama kyak mbak bnyk angka negatif.. bagaimana solusinya mbak apakah boleh seperti itu

    ReplyDelete
  70. Untuk sumber bukunya apa ya pak?

    ReplyDelete
  71. Mau tanyak,kalok uji normalitas kolmogorov nilai sig 0.001 tapi di shapiro wilk nilai sig 0.104 itu dikatakan terdistribusi normal atau nggak ya pak?

    ReplyDelete
  72. pak saya mau nanya, kalo hasil uji normalitas kolmogorov saya ngepas 0,050 apakah masih dikatakan normal pak?

    ReplyDelete
  73. Salam pak, mau tanya hasil sig tailed saya selalu 0,000 . Sy sdh mencari cara dgn transormasi dan hapus data ekstrem namun sig nya tdk berubah . Itu bagaimana ya pak cara mengatasi nya? Terima kasih pak

    ReplyDelete
  74. Kak saya mau bertanya, saya sudah mencoba mentransformasikan data yang tidak berdistribusi normal. Nah solusi terakhir kan mengubah menjadi uji non parametrik. Awalnya saya pakai uji pearson, berarti kalau saya pakai non parametrik, saya pakai uji rank sprarman. Nah pertanyaan saya, apakah boleh data mentahnya (berupa angka) langsung diuji rank spearman? Atau harus dikategorikan dulu datanya? Terimakasih.

    ReplyDelete
  75. Assalamualaikum Pak, Pak saya mau bertanya. Untuk keseluruhan data variabel dependen dan independen saya tidak bisa ditransformasikan memakai transformasi yang sama, baik sqrt, ln, log, dll. Bagaimana cara saya memperbaiki normalitas datanya Pak, terima kasih

    ReplyDelete
  76. Saya mau Tanya. Jika ketiga unsur diatas juga tidak terpenuhi maka diambil tahapan remedy, nah bagaimana proses tahapan remedy tersebut pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf saya tidak paham dengan istilah remedy, masih terdengar asing bagi saya. Mungkin maksudnya ambil data ulang atau menambah data gitu ya? Tapi saran saya, jangan buru-buru menghakimi data tidak normal. Cek dengan metode lain, misal visual. Lihat tulisan saya di sini https://www.semestapsikometrika.com/2019/06/catatan-mengenai-uji-normalitas-jangan.html

      Delete
  77. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  78. Malam pak, saya mau tanya, apakah outlier dapat dilakukan 2 kali? saya mencoba cara outlier pertama gagal,lalu mencoba outlier ke 2 berhasil, namun pada uji Multikolinearitas, salah satu X saya di-exclude. apakah itu normal?

    Lalu pada transformasi data, saya meneliti pengaruh capital structure terhadap kinerja perusahaan(ROA), dilihat dari hasil uji normalitas data individu X1-X5 setelah ditranform, dapat lulus uji normalitas, tapi pada data Y(ROA), hasilnya selalu 0.000(kurang dari 0,05) walaupun sudah di tranform, sehingga setelah datanya di regresi dan di uji normalitas keseluruhan hasilnya selalu 0,000. apakah ada solusinya?

    ReplyDelete
  79. Malam pak, saya mau bertanya perihal catatan transformasi data. Variabel dependen saya numerik yg tidak berdistribusi normal dan akan saya transformasi datanya. Sedangkan, variabel independen saya berupa data numerik yg akan dikategorikan (data kategorik).
    Berdasarkan catatan diatas adalah "untuk uji statistik dua variabel atau lebih, harus ditransformasi kan datanya dengan transformasi serupa". Pertanyaan saya, apakah perlu ditransformasi serupa variabel independen saya walaupun nantinya akan dikategorikan?

    ReplyDelete
  80. maf pak boleh sya tanyaa data sya sudah ditransformasikan tapi data N yah masih sma apakah jadi masalah atau tidak

    ReplyDelete
  81. Mengatasi Data Tidak Normal Dengan Central Limit Theorem (CLT)
    Apabila Data Tidak Normal Bisa Memakai Central Limit Theorem (CLT)
    Sebagai Pendukung Kami Berikan Literatur Berupa Penelitian-Penelitian
    Sebelumnya Sebanyak 20 Buah Penelitian
    Bagi Yang Membutuhkan Bisa Klik Dibawah Ini Untuk Unduh Literatur Tersebut
    https://s.id/UjiCLT

    ReplyDelete
  82. halo pak saya ingin tanya. data saya tidak berdistribusi normal. dan saya melakukan transform. apakah smua variabel nya harus ditransform atau bisa hanya beberepa variabel dgn cara lihat histogram yg tidak ditengah? terimakasih pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, jika satu variabel ditransform maka variabel yang lain juga harus ditransform dengan tranformasi yang sama

      Delete
  83. Halo pak saya ingin bertanya.. Jika salah satu variabel mencong ke kanan dan variabel lainnya mencong kekiri apakah di harus ditransform sesuai grafik atau sama semua ya ? Dan jika harus sama semua harus memakai yg mencong ke kiri (sqrt) atau ke kanan (sqrt (k-x)) ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Transformasi harus dilakukan sama pada kedua variabel

      Delete
  84. Hallo pak, mau tanya.
    Data saya kan positif nih ya pak. Tapi pas saya mau transform ke LN hasilnya malah negatif. Apa itu bermasalah pak kalo hasil LN nya negatif?

    ReplyDelete
  85. Kak mau tanya,
    Saya mau melakukan uji normalitas dari sampel yg terdiri dari 29 orang, dengan membandingkan nilai pretest dan posttest.
    Tetapi, data saya jika melakukan uji normalitas parametrik malah tidak normal pada bagian posttestnya, begitu jgn melakukan uji homogen menjadi tidak homegen.
    Sudah mencoba melakukan LN dan log masih tidak berhasil utk menormalkan. Tidak bisa melakukan outlier karena sampel dkit.
    Jadi gimana ya kak solusinya?

    ReplyDelete
  86. Pak saya mau bertanya , apa yang dilakukan jika eror / galat nya tidak terdistribusi normal ?

    ReplyDelete
  87. Pak saya mau tanya, apabila kita menggunakan transform dalm uji normalitas apakah uji selanjutnya menggunakan data transform juga? Atau tidak menggunakan hasil data transform

    ReplyDelete
  88. Bagaimana jika uji normalitas tidak lolos?

    ReplyDelete
  89. Kak mau tanya untuk variabel mediasi langkah langkahnya bagaimana ya?

    ReplyDelete
  90. Izin bertanya, saya memiliki 4 variabel x dengan angka kecil (1-5) sedangkan variabel y angkanya besar (200-500), ketika melakukan uji normalitas selalu tidak lolos, kemudian saya mentransformasi variabel y dengan menggunakan Ln dan hasilnya lolos uji normalitas. Yang ingin saya tanyakan, apakah boleh hanya mentransformasi variabel y saja? Karena jika saya mentransformasi semua variabel hasilnya tidak normal, terima kasih 🙏

    ReplyDelete
  91. Pak mau bertanya, apakah boleh data yg sudah di outlier 135 menjadi 98 lalu yg 98 di transform? Soale nya hanya saya outlier saja tidak normal, hanya transform juga tidak normal, terimakasih

    ReplyDelete
  92. Very informative post ! There is a lot of information here that can help any business get started with a successful social networking campaign 먹튀사이트

    ReplyDelete
  93. mas Hanif, mohon dishare sumber dari Buku/jurnal cara2 transformasi seperti itu dong

    ReplyDelete
  94. Kak ada yang mau saya tanyakan mengenai teansformasi data.jika terdapat data yg negatif maka sebaiknya menggunakan transfomasi apa ya?ln/abs/sqrt/log?
    Terima kasihkak

    ReplyDelete
  95. Kak ada yang sy mau tanya...
    Kan gini saya mempunyai 20 data yang tidak normal nah sekarang saya mau mengubahnya menjadi data normal dengan mengakarkan data yang tidak normal..
    Kemudian hasilnya satuan semua.
    Apakah bisa menjadi normal kak?
    Mohon penjelasannya
    Terimakasiih

    ReplyDelete
  96. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  97. Kak ini referensinya dari buku apa ya kak?

    ReplyDelete
  98. Saya mau nanya kak, saya menggunakan 2 variabel X dan 2 Variabel Y, variabel Y salah satunya ada yang tidak normal karena data nya ada yang nilainya negatif, sedangkan semua data berasal dari website Bank, jadi itu bagaimana?

    ReplyDelete
  99. Sangat disayangkan ada beberapa penjelasan yang tidak disertakan. Tapi secara keseluruhan ini artikelnya sangat berguna banget. arti mimpi

    ReplyDelete
  100. Halo kak. boleh tau referensi lengkap yang kak ambil dalam mengatasi atau mengobati normalitas tersebut? terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  101. Halo kak. boleh tau referensi lengkap yang kak ambil dalam mengatasi atau mengobati normalitas tersebut? terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  102. pak sy mau tanya, sy sudah melakukan uji validitas dan reliabilitas hasilnya valid dan reliabel. lalu kok bisa pas uji normalitas data tidak normal itu alasannya kenapa ya?

    ReplyDelete
  103. Halo pak, maaf saya agak bingung, jadi grafik setiap variabel saya otu berbeda beda tipe. Jadi saya harus mentransform dengan model yang mana jadi bingung pak? Apakah boleh setiap variabelnya di tranform dengan sesuai rumus bentuk grafiknya masing2? Tidak sama secara keseluruhan

    ReplyDelete
  104. Pagi kak.. Mau tanya jika data tidak normal dilakukan oulier setelah melakukan outlier helum normal dilanjutkan ditransformasi bolehkah kak.. Mohon ownverahannya terima kasih

    ReplyDelete
  105. Selamat sore, mohon ijin bertanya, pada peneltian korelasi dengan 2 variabel X dan 1 variabel y, kegita uji normalitas data tiap tiapa variabrl salah satu variabel X tidak berdistribusi normal. Kemudian uji normalitas dengan tiga variabel langsung dengan nilai residual, dan hasilnya normal. Apakah dapat uji hipotesis product moment ?. Terimakasih

    ReplyDelete
  106. Sangat bermanfaat banget artikelnya ya mas... jangan lupa mampir ke chord gitar untuk melihat chord

    ReplyDelete
  107. Psikometrika dalam melihat data sangat baik ya pak. Dalam sebuah psikotes data seperti ini sangat-sangat diperlukan bagi peserta.

    ReplyDelete
  108. pak saya mau tanya, sampel penelitian sy kan sedikit < 30 . lebih baik menggunakan uji kolmogorov atau shapiro wilk pak ?
    kemarin sy sudah coba pakai shapiro wilk tapi variabel y nilai sig nya < 0,05 lalu sy transformasikan, sedangkan sy coba pakai kolmogorov normal pak hasil nya
    apa benar utk uji kolmogorov itu utk sampel diatas 50 pak ?

    ReplyDelete
  109. Halo ka, saya mau bertanya. Apabila data sudah ditransformasi utk uji normalitas, data untuk melakukan uji korelasi dan uji regresi tetap menggunakan data asli atau data transformasi?

    ReplyDelete
  110. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  111. Halo kak, mau tanya. Apabila data normalitas ada yg tidak normal apakah masih bisa pakai regresi berganda? Terimakasih🙏🏻

    ReplyDelete
  112. Terima kasih atas tulisannya mas. apakah ada cara seperti diatas jika kita menggunakan R software?

    ReplyDelete
  113. Izin bertanya,apakah boleh melakukan transform data sekaligus outlier???
    Step 1: misalnya data yang terlalu ekstrim udah di outlier dan juga di transform compute Sqrt untuk mendapatkan normalitas ,
    Step 2:
    apakah masih boleh menggunakan metode cochrane orcutt salah satu metode untuk mengatasi autokorelasi di data kita?
    Karena data dari awal tidak normal dan ada autokorelasi....

    ReplyDelete
  114. Halo, selamat pagi. Sebelumnya maaf saya izin ingin bertanya. Data skripsi saya ga normal dan di histogram cenderung positif skewness lalu saya transformasi ke sqrt semuanya, setelah itu normal. Lalu pertanyaannya, apakah untuk uji heterokedastisitas, multikolonieritas dan autokorelasi menggunakan data yg sqrt atau kembali ke data asli ya? Terimakasih atas jawabannya, sukses selalu🙏

    ReplyDelete
  115. Sy mau bertanya apakah ada teori yg mendukung bahwa data yg tdk bersitribusi normal itu tetap bs memakai uji parametrik, karena data tersebut hanya masuk 1 kategori sj, bahwa datanya tdk normal, sedangkan uji non par itu memiliki kategori yg datanya tdk berdistribusi normal, sampelnya dibawah 100, dan sampel yg memiliki kayegori atau dirangkingkan.

    ReplyDelete
  116. Permisi pak, saya mau bertanya.. dalam penelitian saya punya 2 variable pak (uji t independen), nah itu untuk datanye belum distribusi normal pak, untuk mentranformasikannya itu untuk rumusnya apakah harus sama pak? atau menyesuaikan grafik masing2? Terimakasih..

    ReplyDelete
  117. Permisi pak jika nilainya .017 itu normal apa tidak ya? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  118. Halo kak, saya juga izin bertanya. Permasalahan saya juga hampir sama dengan teman-teman diatas. Jadi saya sedang melakukan analisis multivariat, asumsi yang harus terpenuhi yaitu variabel Y nya harus berdistribusi normal multivariat. Tetapi ternyata data saya tidak normal berbagai uji yang saya lakukan tetap saja tidak normal, saya berusaha untuk tidak melakukan transformasi dikarenakan transformasi sangat sensitif dan merubah keaslian data. Kemudian saya cek outlier nya ternyata ada cuman saya juga tidak berniat menghapus nya karena data itu sesuai dengan di lapangan takutnya merubah hasil analisis nya nanti. Tetapi saat saya menguji normal multivariat nya dengan menggunakan jarak mahalanobis itu sudah bisa dikatakan normal karena sudah melebihi 50% data yg sesuai dgn uji signifikansi nya. Namun dengan menggunakan uji royston, mardia dll yg ada di sintaks R semua hasil nya tidak berdistribusi normal. Sampel yang saya gunakan lebih dari 3 ribu kak. Apakah betul saya bisa menggunakan hasil visualisasi saja untuk mengecek kenormalan nya tanpa harus menggunakan uji yg lainnya, atau gimana kak?

    ReplyDelete
  119. Saya mau tanya
    Jika sudah melakukan transformasi data , dan sudah Membuang outliers tapi hasil data tetap tidak berdistribusi normal , bagaimana ya pak solusinya ?? Mohon dijawab pak , saya sedang mengalami permasalahan ini.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  120. Mohon maaf izin bertanya pak, jika sudah dilakukan transformasi dan hapus outliers tapi data masih tidak bormal, solusinya bagaimana ya?

    ReplyDelete
  121. Pg สล็อต เว็บตรง ทาง เข้า เล่น เล่น พีจีสล็อต ที่ครอบครองใจคนทั่วทั้งประเทศสูงที่สุด เพราะว่ามีเกมออนไลน์จากค่ายชั้นหนึ่งมากมายก่ายกอง ให้เลือกเล่นพนันบนเว็บไซต์ไซต์

    ReplyDelete
  122. Transformasi data apakah hanya digunakan untuk uji asumsi klasik saja? Kalau seperti analisis regresi liner berganda variabelnya menggunakan data asli?

    ReplyDelete
  123. Permisi mau tanya, apabila kita ada 2 variabel numerik dan keduanya tidak terdistribusi normal, lalu masing² dilakukan transformasj data... sedangkan di atas dikatakan apabila mau dilakukan uji linear, maka variabel lainnya juga harus ditransformasi... apakh artinya data saya harus 2 kali transformsi? Transformasi pertama untuk menyesuaikan dgn grafik skewness dan trans ke 2 menggunakan rumus variabel satunya

    ReplyDelete
  124. Jika data sudah normal, untuk pengujian selanjutnya apakah pakai data residual yg sudah normal atau pakai data awal ya pak?

    Karena jika pakai data residual yang sudah normal variabel dummy saya hilang, karena saat pakai uji KS saya pakai rumus LN karena data saya ada yang minus

    ReplyDelete
  125. Permisi mau tnnya pak,kan data nya udah kita tranformasi,jadi hasilnya ttp nggk berhubungan,apakah boleh data yang sidah kita tranform it diubah ubah angkanya pak supaya berhubungan hasilnya

    ReplyDelete
  126. "Assassination Classroom" is a Japanese manga and anime series created by Yūsei Matsui. The manga was serialized in Shueisha's "Weekly Shōnen Jump" magazine from July 2012 to March 2016, and the anime adaptation aired from January 2015 to June 2015. The series has gained popularity for its unique blend of genres, including action, comedy, and science fiction.

    bluestacks 5 offline installer

    ReplyDelete
  127. Permisi mau tnnya pak,kan data nya udah kita tranformasi,jadi hasilnya ttp nggk berhubungan,apakah boleh data yang sidah kita tranform it diubah ubah angkanya pak supaya berhubungan hasilnya

    DirectX 9, 10, 11.2, 12 Offline Installer

    macOS Monterey 12.7 DMG File MediaFire

    ReplyDelete

Artikel Lainnya