Semesta Psikometrika Punya Cabang di Youtube!

Channel Youtube ini adalah cita-cita lama saya untuk memudahkan pembaca yang memiliki keterbatasan waktu untuk membaca penuh artikel atau pembaca yang kesulitan memahami bahasa tulis. Berhubung laptop saya adalah laptop tua yang bersuara keras jika digunakan untuk rekaman, ditambah lagi sering nge-hang jika digunakan untuk analisis data yang berat, maka proses rekaman menjadi terhambat. Cita-cita membuat channel Youtube akhirnya terealisasi berkat dukungan istri (laptop istri lebih tepatnya). Dikarenakan istri sekarang sudah berubah status menjadi full time mother, jadi laptopnya nganggur dan sayang kalau tidak diberdayakan. Jadilah laptop tersebut jadi modal bagi saya untuk rekaman dan membuat channel Youtube ini.

Channel yang saya beri nama “Semesta Learning Center” ini berisikan video tutorial berbagai analisis data dengan beberapa software. Channel Youtube ini mulanya hanya saya buat untuk memudahkan mahasiswa saya belajar mandiri dengan menonton video materi kuliah dari rumah masing-masing. Ke depannya saya berharap channel ini bisa menampung lebih banyak ilmu lagi, tidak hanya tutorial analisis data tapi juga semua hal tentang Psikologi. Sama seperti namanya “Semesta Learning Center” diharapkan bisa menjadi sarana belajar apapun bagi siapapun. Semoga dengan adanya channel ini proses belajar atau proses dalam menganalisis data penelitian dapat lebih mudah.

Channel ini tentu masih memiliki banyak kekurangan, mulai dari video yang belum lengkap, suara pemateri yang cempreng, sampai penyajian materi yang terlalu cepat. Namun tentu saja ke depan akan ada perbaikan (kecuali suara cempreng, sepertinya susah diubah). Terkait komentar netizen yang mengatakan bahwa penyampaiannya terlalu cepat, saya punya alasan khusus sebenarnya. Saya beranggapan video adalah media yang fleksibel dan bisa diulang berkali-kali sesuai keinginan kita. Jadi saya sengaja mempercepat materi agar ukuran video tidak terlalu besar dan tidak menghabiskan kuota internet untuk upload videonya. Toh videonya juga bisa diulang-ulang seberapapun penonton mau.

Jadi, inilah Semesta Psikometrika cabang Youtube. Silakan klik link berikut ini untuk melihat-lihat Chanelnya. Kalau mau subscribe, like, dan share jangan malu-malu ya. Hehe. Ditunggu juga kritik dan sarannya.

http://bit.ly/semesta_lc

Pensiunan guru SD yang sudah promosi menjadi dosen Psikologi di Universitas Muhammadiyah Malang

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Artikel Lainnya